Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Produk Fashion Tanpa Ukuran Paling Laris di Toko Online

Kompas.com - 20/02/2018, 15:38 WIB
Lusia Kus Anna

Penulis

KOMPAS.com - Penjualan barang-barang fashion yang tidak membutuhkan ukuran khusus, seperti tas atau dompet, ternyata paling laris dalam bisnis online.

"Produk yang paling mudah dijual adalah yang tanpa ukuran, misalnya tas tangan, karena tidak takut salah saat membeli," kata CEO & Founder Sophie Paris, Bruno Hasson, dalam acara temu media di Serpong, Tangerang Selatan, Senin (19/2).

Ia mengatakan, saat ini dari seluruh transaksi penjualan online di Indonesia, sekitar 55 persennya adalah barang fashion. Selain tas, produk fashion yang dicari di toko online adalah baju, sepatu, dan juga aksesoris.

Produk tas dari Sophie Paris.KOMPAS.com/Lusia Kus Anna Produk tas dari Sophie Paris.
Sophie Paris yang sejak awal lebih banyak menjual tas secara langsung (direct selling), kini mulai beralih ke dunia digital dengan penjualan secara online.

"Dibandingkan dengan e-commerce besar, sebenarnya social retail atau bisnis online menggunakan media sosial (peer to peer) memiliki omset dua kali lipat. Sophie Paris lebih fokus pada model bisnis ini," ujar Hasson.

Agar produk fashion yang dijual selalu mengikuti tren, menurut Hasson, Sophie Paris memiliki tim desainer yang berlokasi di Jakarta.

"Kami mengeluarkan sekitar 100 produk tas baru setiap bulan. Terkadang kami juga memanggil desainer dari Paris untuk memberi masukan," katanya.

Walau bahan bakunya kebanyakan impor dari Italia atau China, namun menurut Hasson proses desain hingga pabrik Sophie Paris terletak di Indonesia.

"Karena penjualannya secara langsung, harga kami lebih murah," katanya.

Menurut Hasson, saat ini jumlah anggota Sophie Paris mencapai 250.000 orang dan rata-rata melakukan transaksi dua kali dalam sebulan, dengan jumlah transaksi sekitar Rp 350.000.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com