Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Informasi Kesehatan yang Paling Dicari Para Ibu Muda di Internet

Kompas.com - 21/02/2018, 17:33 WIB
Kahfi Dirga Cahya,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com — Selain berbelanja online (daring), para ibu kini pun mencari informasi tentang kesehatan—terutama soal anak—di dunia maya. Mereka juga mengandalkan teknologi untuk memecahkan permasalahan terkait kesehatan anak.

Nah, apa saja informasi paling diminati oleh para ibu zaman “now” yang umumnya termasuk generasi milenial itu?

Dokter spesialis kebidanan dan kandungan Benny Johan Marpaung mengungkapkan, para ibu dengan kehamilan pertama merupakan yang paling rutin bertanya. Benny merupakan salah satu ahli dalam fitur ‘Ask the Experts’ yang dimiliki situs dan e-commerce Orami.

“Pertanyaaan yang paling banyak adalah masalah kehamilan—terutama mereka yang hamil pertama, tapi juga ada ibu sedang hamil lagi,” kata Benny di Penang Bistro, Jakarta, Rabu (21/2/2018).

Dia mencontohkan pertanyaan yang kerap dilontarkan adalah terkait ketiadaan kantong kehamilan dalam rahim, padahal hasil menunjukkan positif hamil saat test pack.

Sebagai dokter, dia pun menjawab bahwa tak perlu khawatir karena hal itu bisa terjadi, terutama jika belum mencapai waktu yang cukup untuk terlihat kantong kehamilan.

Selain itu, juga persoalan hamil dalam jarak beberapa bulan setelah melahirkan banyak ditanyakan.

Masih seputar kehamilan dan anak, para ibu juga sangat penasaran soal kolostrum hingga permasalahan tentang ASI. 

Kendati demikian, Benny menyarankan agar para ibu bisa memilah informasi seputar kehamilan dan kesehatan anak dengan baik. Tak semua informasi di dunia maya dapat dipercaya karena itu para ibu perlu diminta untuk mencari sumber kompeten, seperti dari ahli atau dokter.

“Bisa juga mencari informasi yang bisa ngobrol langsung dengan para ahli sehingga bisa bermanfaat sebagai solusi pertama sebelum ke dokter bila diperlukan,” katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com