Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Tak Perlu Turunkan Berat Badan untuk Menjadi Sehat..."

Kompas.com - 22/02/2018, 14:00 WIB
Ariska Puspita Anggraini,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

Sumber nypost.com

KOMPAS.com - Sebuah riset dari York University di Toronto, Kanada, menemukan fakta, tujuan olahraga bagi pemilik berat badan berlebih yang ingin sehat bukan hanya sekadar memiliki bobot ideal.

Periset mengumpulkan data dari 853 pasien dengan berbagai macam tingkat obesitas, mulai dari yang ringan sampai yang parah.

Dengan berolahraga, pasien obesitas yang paling parah sekalipun memiliki tingkat tekanan darah, glukosa, dan trigliserida yang rendah, dibandingkan mereka yang tidak banyak berolahraga.

Riset yang dipublikasikan Obesity ini menemukan, 41 persen pasien yang mengalami obesitas ringan justru dianggap bugar melalui tes treadmill.

Seperempat pasien dengan tingkat obesitas sedang juga memiliki tubuh yang bugar.

Sementara itu, ada 11 persen pasien dengan tingkat obesitas berat ditemukan memiliki tubuh yang bugar.

Baca juga: Anak Gemuk Berisiko Mengalami Obesitas Saat Dewasa

Periset juga mengungkap, tidak menjadi masalah seberapa gemuk seseorang bila dikaitkan dengan variabel metabolik pasien.

Menurut para peneliti, ini adalah riset pertama yang menunjukkan, tidak peduli seberapa gemuknya seseorang, kebugaran fisik dapat memberi efek positif pada kesehatan kardiovaskular.

Periset juga mengatakan, berat badan tidak berkaitan erat dengan tingkat kebugaran.

Faktanya, kebugaran tubuh dan manfaat kesehatan bisa diraih tanpa menurunkan berat badan.

Peneliti juga menemukan fakta, berolahraga 150 menit dalam seminggu hanya bisa menurunkan berat badan sebanyak 1,5 kilogram. Namun, hal tersebut akan berbeda antara orang yang memiliki jantung yang sehat atau tidak.

Dokter Sean Wharton, Direktur Medis Wharton Medical Clinic yang juga terlibat dalam riset ini, menambahkan, kebugaran tubuh tidak bisa tercermin dari apa yang terlihat oleh mata.

"Riset ini memperkuat anggapan bahwa orang tidak perlu menurunkan berat badan untuk menjadi sehat," ucap dia.

Nah, jika kita ingin memiliki tubuh yang bugar setiap hari, cobalah untuk menerapkan tiga kebiasaan yang membuat tubuh tetap bugar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber nypost.com
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com