Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/02/2018, 09:00 WIB
Ariska Puspita Anggraini,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

Sumber Time

KOMPAS.com - Agar tubuh bugar dan sehat, kita direkomendasikan untuk aktif bergerak minimal 30 menit setiap hari. Tetapi, mungkin tak sampai separuh orang dewasa melakukannya, apalagi yang sudah lanjut usia.

Sebuah riset terbaru yang diterbitkan dalam British Journal of Sports Medicine menunjukkan bahwa ada cara yang bisa dilakukan agar orang yang telah berusia lanjut tetap bisa rutin berolahraga demi menjaga kesehatannya.

Peneliti mengamati sekitar 1.180 pria dengan usia rata-rata 78 tahun yang setuju untuk memakai alat pengukur pergerakan mereka selama tujuh hari.

Ternyata, para responden dalam penelitian selama 5 tahun ini tidak butuh olahraga dalam durasi lama untuk merasakan manfaat positif.

Olahraga yang dilakukan setiap hari, bahkan jika hanya dilakukan selama 10 menit, memiliki manfaat yang baik bagi usia harapan hidup, seperti halnya dengan olahraga dengan durasi lebih lama lagi.

Cara ini ternyata lebih cocok untuk pria. Sebesar 66 persen pria dalam riset dapat melakukan olahraga rutin dalam seminggu jika mereka melakukannya dengan intensitas yang singkat.

Setiap 30 menit aktivitas yang dilakukan di bawah sinar matahari - seperti berjalan-jalan atau berkebun - dapat menurunkan risiko kematian dini sebesar 17 persen.

Aktivitas fisik dengan intensitas sedang hingga tinggi memiliki hubungan yang lebih erat dengan umur panjang. Melakukan aktivitas tersebut selama 30 menit, dapat mengurangi risiko kematian dini hingga 33 persen.

Namun menurut para peneliti, fakta bahwa olahraga ringan masih bisa memberi manfaat berupa panjang umur adalah hal yang penting.

Bagaimanapun juga, berolahraga hanya beberapa menit dalam satu waktu - bahkan jika itu olahraga ringan -dapat menurunkan risiko kematian dini pada pria yang berusia lanjut.

Nah, bagi kalian yang ingin memiliki tubuh sehat, coba terapkan 3 Jenis Olahraga yang Sebaiknya Dijadikan Rutinitas Harian.

 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Time

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com