Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/02/2018, 20:31 WIB
Kahfi Dirga Cahya,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Anok Yai menjadi model kulit hitam pertama yang membuka peragaan busana rumah mode Prada, setelah Naomi Campbell melakukannya lebih dari dua dekade lalu di tahun 1997.

Yai yang baru berusia 19 tahun itu baru diberi tahu bakal membuka peragaan Prada di Milan Fashion Week sekitar satu jam sebelum peragaan dimulai.

Yai, menampilkan koleksi musim gugur/dingin Prada tahun 2018—tepat beberapa bulan setelah karirnya melejit karena ketidaksengajaan foto yang diunggah di media sosial saat sebuah pesta di kampus.

"Itu adalah sebuah kehormatan dan saya bangga bahwa saya adalah orang yang terpilih untuk membukanya, tapi ini lebih besar dari saya," kata Yai kepada Vogue.

“Saya membuka salah satu rumah mode papan atas adalah sebuah pernyataan untuk dunia—terutama bagi perempuan kulit hitam—bahwa kecantikan mereka adalah sesuatu yang pantas untuk dirayakan.”

Yai sempat merasa sangat gugup sebelum sampai di catwalk, karena merasa memiliki beban besar di pundaknya. 

Untungnya, saat dia keluar ke catwalk, kekhawatiran pun lenyap. "Saya akan mengingat pengalaman membuka peragaan sebagai momen terobosan saya," katanya.

Dia melanjutkan bahwa sangat gembira dengan capaian dia saa ini.

Yai mencapai karirnya saat ini setelah bertemu dengan seorang fotografer dalam sebuah perayaan homecoming Howard University pada bulan Oktober tahun 2017.

Fotografer, yang masuk dengan nama TheSUNK on Instagram, membagikan dua foto Yai di media sosial. Unggahan yang dapat lebih dari 20.000 likes itu membuat Yai dihubungi beberapa agen model.

Remaja asal Sudan, yang lahir di Mesir dan dibesarkan di AS akhirnya memilih Next Models sebagai agennya.

Selain keinginannya untuk berkembang di dunia model, Yai pun ingin membuat dunia lebih baik dengan cara lain yang dia bisa. 

“Saya juga bersemangat untuk membuat sesuatu yang bedampak di dunia, entah melalui seni, mode, media sosial, atau sains,” ungkap Yai.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com