Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cerita Anok Yai, Gadis Model Kulit Hitam Pembawa Koleksi Prada

Kompas.com - 27/02/2018, 22:00 WIB
Ariska Puspita Anggraini,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Anok Yai menjadi model pertama berkulit hitam yang membuka pertunjukan busana untuk Prada, setelah era Naomi Campbell lebih dari dua dekade silam, atau tepatnya di tahun 1997.

Hanya dalam waktu beberapa bulan setelah potensinya sebagai model ditemukan dalam pesta di perguruan tinggi, dia tepilih untuk mengenakan pakaian koleksi Prada musim gugur/musim dingin 2018.

Wanita berusia 19 tahun tampil dalam pertunjukan untuk rumah mode Italia di Milan Fashion Week musim ini.

Tentu, remaja keturunan Sudan tersebut merasa terhormat mampu menjadi model pembuka. Bagi Yai, ini adalah hal besar yang tak pernah ia duga sebelumnya.

"Saya membuka salah satu rumah mode papan atas adalah sebuah pernyataan untuk dunia -terutama bagi wanita kulit hitam, bahwa kecantikan mereka adalah sesuatu yang pantas untuk dirayakan," tambahnya.

Anok Yai mengaku merasa sangat gugup sebelum ia berada di atas catwalk, karena ia memiliki banyak harapan di pundaknya.

Namun, saat dia melangkahkan kaki di atas panggung dan menjadi pusat perhatian penonton, semua kekhawatiran tersebut menguap, dan lenyap.

"Saya akan mengingat pengalaman membuka pertunjukan sebagai momen terobosan dalam hidup saya."

"Saya sangat gembira dengan ke mana hal ini akan membawa saya, dan saya tidak bisa lebih bahagia lagi," ucap Anok Yai.

"Saya sangat cemas sebelum melangkah, tapi yang saat saya naik di catwalk semua ketegangan sirna," tambahnya.

Anok Yai mulai dikenal publik sejak seorang fotografer memotretnya dalam sebuah perayaan homecoming Howard University pada bulan Oktober tahun lalu.

Fotografer tersebut mengunggah dua foto Anok Yai dalam akun Instagram-nya. Hasilnya, lebih dari 20.000 orang menyukai foto tersebut, dan membuatnya dihubungi oleh beberapa agen model.

Remaja yang lahir di Mesir dan dibesarkan di Amerika Serikat ini telah menandatangani kontrak dengan manajemen Next Models di AS.

Bersamaan dengan karirnya dalam bidang modeling yang cemerlang, Anok Yai memiliki aspirasi untuk menjadikan dunia tempat yang lebih baik dengan cara apa pun yang dia bisa.

"Sekarang, saya ingin menjadi model terbaik yang sebisa mungkin dan manapaki karir saya sejauh mungkin."

"Namun, saya juga bersemangat untuk mempengaruhi dunia entah melalui seni dan mode, media sosial, atau ilmu pengetahuan," ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com