Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Beda Busana Muslim di Australia dan Indonesia?

Kompas.com - 02/03/2018, 07:05 WIB
Nabilla Tashandra,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Lenggak-lenggok para model berbalut busana muslim memeriahkan suasana di halaman Museum Sejarah Jakarta sore itu.

Adalah fashion blogger dan desainer asal Australia, Delina Darusman-Gala dan desainer Indonesia Jenahara Nasution yang memamerkan koleksinya, Kamis (1/3/2018) kemarin.

Koleksi tersebut dibawakan keduanya dalam pembukaan ekshibisi "Faith Fashion Fusion: Muslim Women's Style in Australia".

Sekilas, perbedaan terlihat dari gaya busana yang dibawakan para model. Pakaian yang dipamerkan lewat koleksi Delina cenderung lebih sederhana dan sporty.

Baca juga: Melihat Kisah Wanita Muslim di Australia Lewat Koleksi Busana...

Beberapa koleksi desainer Delina Darusman yang dipamerkan pada pembukaan Faith Fashion Fusion: Womend Stylr in Australia, di Museum Sejarah Jakarta, Kamis (1/3/2018).KOMPAS.com/Nabilla Tashandra Beberapa koleksi desainer Delina Darusman yang dipamerkan pada pembukaan Faith Fashion Fusion: Womend Stylr in Australia, di Museum Sejarah Jakarta, Kamis (1/3/2018).
Sementara busana yang dipamerkan Jenahara cenderung lebih bertumpuk. Misalnya dengan blazer yang dipadukan dengan manset polos atau kemeja.

Nah, apa kata para desainer soal perbedaan busana muslim Australia dan Indonesia?

Terinspirasi gaya berbusana unik di Jepang, Delina membawakan koleksi baju Muslim dengan dominasi warna gelap, seperti biru dan abu.

Salah satu perbedaan cara berbusana perempuan Muslim di Australia dan Indonesia menurut dia adalah cara pemakaian penutup kepala.

Di Australia, mereka memakai scarf dengan variasi pemakaian.

"Beberapa pakai turban, tapi tetap syar'i. Tapi untuk model, aku sesuaikan dengan wajah modelnya."

"Ada yang tidak pakai hijab, jadi aku pakaikan topi," ujar Delina.

Mengenai warna, menurut dia, hal ini pun beragam sesuai dengan pribadi masing-masing. Sebab pertimbangan itu kembali lagi pada keyakinan.

Ada yang memakai pakaian panjang dan berwarna gelap, tapi ada pula yang memakai pakaian cerah seperti motif bunga dan lainnya.

Pada musim ini, Delina banyak memilih breathable fabric, atau bahan pakaian yang tidak menghalangi keringat. Salah satunya linen.

Salah satu koleksi desainer Delina Darusman yang dipamerkan pada pembukaan Faith Fashion Fusion: Womend Stylr in Australia, di Museum Sejarah Jakarta, Kamis (1/3/2018).KOMPAS.com/Nabilla Tashandra Salah satu koleksi desainer Delina Darusman yang dipamerkan pada pembukaan Faith Fashion Fusion: Womend Stylr in Australia, di Museum Sejarah Jakarta, Kamis (1/3/2018).
"Aku banyak pakai linen dalam koleksiku karena sangat ringan dan tidak menghalangi kulit bernafas," ujar dia.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com