Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Eksibisi Kuliner dan Fashion untuk Pecinta Karya Eksklusif

Kompas.com - 03/03/2018, 10:00 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

KOMPAS.com - Jika Anda mulai kehilangan rasa ekslusivitas dan luxury dari sebuah produk karena sudah diproduksi secara massal, jangan lewatkan acara Hashida: Project Evolution yang akan diadakan tanggal 9-14 Maret 2018 di Jakarta.

Acara yang diselenggarakan oleh Kula Jakarta ini menghadirkan Chef Kenjiro Hasidha, seorang masterchef generasi kedua dari Tokyo, Jepang, dan juga desainer tas Ethan Koh dari Singapura.

Menurut Direktur Utama PT Kula Utama Loka Agra, Pratama Yudokusumo atau Yudo, Hashida: Project Evolution berangkat dari kegalauan banyak orang karena hilangnya makna ekslusivitas.

"Sekarang ini hal-hal mewah sudah menjadi biasa karena karakternya sama, misalnya saja soal makanan yang bahan bakunya sama. Project ini ingin mengarahkan bahwa luxury bukanlah sebuah mass product," kata Yudo.

Nilai ekslusif dalam pameran tersebut, menurut Yudo, terletak pada pengalaman pengunjung merasakan masakan yang dibuat langsung oleh Chef Hasidha di hadapan mereka.

Bahan baku makanan tersebut khusus didatangkan dari Jepang. Terdapat dua waktu makan, yaitu makan siang dari pukul 12-15, dan makan malam dari pukul 19-22, dengan kapasitas hanya tujuh kursi dengan biaya mulai dari 4 juta rupiah perorang. Setiap pengunjung harus membuat pemesanan jauh-jauh hari.

Yudo mengatakan, Chef Hatshida akan menunjukkan kebolehannya dalam memasak yang penuh inovasi tapi tetap memepertahankan keaslian masakan tradisional Jepang.

"Konsep pameran ini adalah 'membuat cerita' dengan cara orang akan datang dan melihat langsung apa yang dilakukan kedua maestro. Mereka juga akan menangkap apa keinginan customernya," ujar Yudo.

Selain di bidang kuliner, ada juga kontainer untuk pecinta fashion khususnya tas. Desainer Ethan Koh identik dengan tas dan aksesoris buaya terbaik. Selain itu, Koh juga menggunakan kulit kadal dan ular piton untuk koleksi siluet klasik yang dihias dengan jepitan permata.

Untuk menjaga kualitas, masing-masing tas handmade tersebut dibuat setelah dipesan dahulu. Beberapa pelanggan Koh antara lain Jennifer Lopez, Elizabeth Hurley, sampai anggota keluarga Kerajaan Saudi.

"Fashion, art, dan food, menjadi satu, karenanya semuanya adalah bagian dari lifestyle," ujar Yudo.

Hatshida:Evolution akan ditampilkan dalam bentuk portocamp atau dalam kompleks di satu area yang terdiri beberapa kontainer. Acara akan berlangsung di LOT 16 SCBD Jakarta.

"Kami memilih kontainer yang bisa dibawa-bawa karena konsepnya kaya sirkus. Para maestro juga akan menunjukkan kreativitasnya tanpa bergantung pada fasilitas yang ada, misalnya seperti di restoran," katanya.

Setelah Jakarta, eksibisi ini akan diadakan di London dengan konsep yang sama namun menurut Yudo akan ada kegiatan tambahan. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com