Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/03/2018, 13:14 WIB
Ariska Puspita Anggraini,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kini, pria yang melakukan perawatan wajah tak lagi dianggap kehilangan sisi maskulinitasnya. Banyak wanita lebih suka pria yang menjaga penampilannya.

Hanya mencuci muka dan mengaplikasikan pelembab wajah saja tak cukup untuk menjaga kulit pria tetap sehat dan bersih. Untuk menghindari kulit kering dan kusam, pria juga harus mengikuti perawatan kulit. Apalagi, pria tak bisa menggunakan bermacam kosmetik untuk menutupi kondisi kulitnya seperti halnya wanita.

Namun, tak perlu melakukan perawatan kulit yang rumit seperti kaum wanita. Cukup ikuti beberapa cara ini, dijamin kesehatan dan kebersihan kulit pria akan terjaga.

1. Perawatan wajah dasar

Seperti wanita, pria juga perlu melakukan perawatan wajah dasar seperti membersihkan wajah dan melembabkan wajah.

Setiap hari, kulit wajah sering terkena polusi, termasuk dari asap rokok. Selain itu, pria cenderung memiliki kulit lebih berminyak dan lebih tebal dari wanita.

Oleh karena itu, mereka perlu menggunakan pembersih wajah yang baik dan efektif untuk semua jenis kulit. Hindari kebiasaan mencuci muka dengan sabun mandi karena dapat menyebabkan kulit wajah menjadi tambah kering. Aplikasikan pelembab setelah mencuci muka.

2. Selalu gunakan tabir surya

Hal lain yang pria cenderung abaikan adalah tabir surya karena sinar matahari dapat merusak warna dan tekstur kulit. Untuk menghindari rasa malas karena efek lengket dari tabir surya, pilih produk yang mudah meresap. Jangan lupa untuk memakai tabir surya dengan kadar SPF minimal 30.

Baca :9 Jenis Perawatan Kulit yang Wajib Dilakukan Pria

3. Lakukan eksfoliasi

Eksfoliasi atau pengelupasan sangat penting untuk menghilangkan sel kulit mati. Cara paling mudah adalah dengan menggunakan scrub wajah yang cukup digunakan seminggu sekali. Rutin melakukan eksfoliasi juga akan mencegah timbulnya komedo dan jerawat akibat pori-pori tersumbat kelenjar minyak atau kotoran.

4. Pencegahan keriput

Kulit di sekitar mata, khususnya, tidak memiliki keringat dan kelenjar minyak. Inillah yang membuatnya sangat rentan terhadap dehidrasi.

Dehidrasi pada kulit dapat menyebabkan munculnya garis-garis halus dan keriput. Untuk mencegah hal ini, oleskan krim mata sedikit saja untuk menghidrasi kulit di bawah mata setiap pagi dan sebelum tidur. Kebiasaan ini juga bisa mengurangi efek sembab pada mata.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com