Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

15 Hal Baik yang Harus Diajarkan pada Anak Secara Rutin

Kompas.com - 07/03/2018, 11:00 WIB
Nabilla Tashandra,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Salah satu hal terpenting dalam membesarkan anak adalah mengajarkan agar mereka memiliki tata krama yang baik. Ini adalah modal penting agar mereka bisa berperilaku dengan baik saat dewasa.

Mengajarkan anak sopan santun harus dilakukan sejak kecil, terus diulang dan konsisten. Orangtua juga harus memberi contoh agar mereka memiliki perilaku sesuai yang kita harapkan.

Mulai dari kata "tolong" dan "terima kasih", berikut kata-kata yang harus diajarkan pada anak untuk menunjukkan sopan santun kepada orang yang lebih dewasa.

1. Ajarkan anak untuk mengucapkan "tolong", saat meminta sesuatu dan "terima kasih" setelah mereka menerima sesuatu atau seseorang sudah membantu mereka.

2. Ajarkan mereka mengatakan "permisi" saat mereka mau masuk ke dalam kerumunan, menabrak seseorang atau membutuhkan perhatian orang lain.

3. Ajarkan mereka untuk tidak menyela atau menginterupsi orang lain. Baik dalam percakapan maupun percakapan orang lain. Termasuk saat seseorang bicara pada mereka.

4. Ajarkan pada mereka bahwa mengkomentari karakter atau fisik orang lain adalah perbuatan yang tidak sopan. Kecuali, komentar tersebut adalah pujian.

5. Ajarkan anak untuk selalu meminta izin. Penting bagi mereka bahwa jika mereka tidak yakin dengan apa yang mereka lakukan, sebaiknya mereka meminta persetujuan orang lain atau bertanya.

(Baca juga: Membentuk Anak Bahagia ala Pola Asuh Skandinavia)

6. Ajari mereka pentingnya berterimakasih Tunjukan pada anak-anak untuk menulis ucapan terima kasih sederhana. Terutama ketika mereka menerima hadiah. Mereka harus mengucapkan terimakasih dengan baik sebelum menggunakan hadiah tersebut.

7. Ajari mereka hidup higienis. Misalnya menutup mulut saat batuk atau bersin . Juga ajari mereka untuk tak mengupil sembarangan.

8. Ajari mereka dengan sopan merespons pertanyaan orang lain jika ditanyakan soal kabar dan juga membiasakan mereka untuk bertanya balik.

9. Katakan pada nereka pentingnya menghormati privasi orang lain. Selalu minta izin saat ingin menanyakan atau mengetahui sesuatu.

10. Ajari mereka table manner. Misalnya tidak berbicara ketika mulut penuh makanan, hindari berkomentar negatif tentang makanan, atau menggunakan alat makan secara benar.

11. Ajari mereka untuk menjaga kebersihan tangan, terutama setelah bermain dan saat mau makan.

12. Ingatkan mereka untuk selalu mengingat nama orang dan alamat orang saat sedang ngobrol dengan orang lain.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com