Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terungkap, Hubungan Sifat Murah Hati dan "Suksesnya" Kehidupan Seks

Kompas.com - 09/03/2018, 15:00 WIB
Ariska Puspita Anggraini,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Para periset dari University of Guelph dan Nippissing University menemukan bukti bahwa antara kebaikan hati seseorang dan kehidupan seksualnya memiliki kaitan yang erat.

Riset yang berbasis di Kanada ini mengungkapkan fakta, orang-orang altruistik atau orang yang peduli terhadap kesejahteraan orang lain tanpa memperhatikan diri sendiri, cenderung memiliki kehidupan seks yang aktif dan beragam.

Jadi ada hubungan yang kuat antara altruisme dan kesuksesan seksual.

Dalam penelitian ini digelar dua percobaan yang menganalisa sejarah seksual para peserta riset dan kecenderungan sifat altruistik yang dimiliki.

Dari sana ditemukan fakta, semakin tinggi tingkat altruisme, semakin banyak pasangan seksual yang dimiliki oleh mereka.

Altruisme didefinisikan sebagai gagasan untuk bersikap tanpa pamrih tanpa mengharapkan hadiah.

Hal itu dapat terwujud dalam berbagai sifat seperti kemurahan hati, kasih sayang, kemuliaan dan filantropi, atau tindakan yang mencerminkan kasih sayang antar sesama.

Pada percobaan pertama, peserta yang menilai diri mereka secara positif dalam sifat altruistik mengaku memiliki pasangan seks yang lebih banyak, dan melakukan hubungan seks lebih sering dalam hubungan asmara mereka.

Mereka juga dipandang lebih diinginkan oleh lawan jenis.

Dalam penelitian kedua, periset mencoba menanyakan kesediaan para peserta untuk memberikan uang yang mereka miliki kepada orang yang membutuhkan.

Dari sana ditemukan bahwa mereka yang bersedia memberikan uang, ternyata memiliki lebih banyak pengalaman seksual, daripada mereka yang tak bersedia memberikan uang.

Maka, berdasarkan hasil tersebut, para peneliti menyimpulkan, mereka yang memiliki sifat altruistik tinggi juga memiliki keberhasilan yang tinggi dalam kehidupan seksualnya.

Psikolog Susan Marchant-Haycox mengatakan, temuan ini bisa diakibatkan karena mereka yang memiliki ciri kepribadian altruistik cenderung menunjukan perhatian yang lebih pada orang lain.

Baca:Benarkah Orang Baik Rentan Depresi?

"Dengan kata lain, mereka lebih baik dan lebih memperhatikan orang lain. Ini adalah sifat kepribadian yang menarik," ucap Susan seperti dilansir laman Independent.co.uk.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com