Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/03/2018, 11:15 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

KOMPAS.com - Olahraga yang bisa memompa jantung dan menguras keringat, disebut juga dengan latihan aerobik atau kardio, manfaatnya tak boleh diremehkan bagi tubuh dan otak.

Jenis-jenis olahraga aerobik antara lain berlari, joging, bersepeda, dansa, atau pun senam.

Dikutip dari Business Insider, terungkap apa saja manfaat "ajaib" olahraga ini bagi tubuh:

1. Melindungi sistem kekebalan tubuh
Dalam penelitian yang membandingkan pesepeda amatir berusia 55-79 tahun dengan orang berusia sama tapi tidak pernah berolahraga, terungkap perbedaan yang sangat signifikan.

Kelompok peseda itu memiliki massa otot lebih kuat dan lebih sedikit lemak tubuh. Mereka juga terlihat lebih sehat dan sistem imunnya lebih bagus, mirip dengan yang dimiliki orang-orang muda.

2. Membentuk otot
Dalam hal pembentukan otot, olahraga kardio memang tak seefektif latihan ketahanan yang didesain untuk meningkatkan kekuatan tubuh. Tapi, memasukkan latihan kardio dalam regime latihan beban terbukti meningkatkan ukuran otot.

"Olahraga aerobik, jika dilakukan dengan tepat, bisa membantu menigkatkan pertumbuhan otot seperti halnya dengan latihan ketahanan," kata peneliti olahraga dari Ball State University, Matthew Harber, seperti dikutip Men's Fitness.

3. Menyehatkan jantung dan paru
Olahraga aerobik, terutama berenang, akan melatih tubuh menggunakan oksigen dengan efisien. Latihan ini lama kelamaan akan mengurangi laju istirahat jantung dan laju napas, dua indikator dari kesehatan jantung.

(Baca juga: Benarkah Rajin Minum Teh Hijau Bisa Menurunkan Kolesterol?)

4. Mengembalikan perfoma jantung
Semakin tua kebanyakan orang makin tidak aktif. Hal ini bisa membuat otot jantung mengeras. Penelitian membuktikan, melakukan latihan kardio secara rutin bisa memperbaiki performa jantung.

5. Memperbaiki mood
Olahraga ini memiliki kemampuan yang unik untuk membuat kita rileks dan tenang. Salah satu penyebabnya adalah turunnya kadar hormon stres alami. Olahraga seperti joging atau renang bisa melancarkan aliran darah sehingga bagian otak juga mendapat energi dan oksigen baru.

Ilustrasi berenang gaya punggungBelieve_In_Me Ilustrasi berenang gaya punggung

6. Menyehatkan saluran cerna
Rutin melakukan olahraga kardio juga memicu perubahan mikroba di usus. Dengan seimbangnya flora usus, kita pun lebih berenergi dan tingkat peradangan turun.

7. Memperbaiki kolesterol
Salah satu cara menurunkan kolesterol dan menjaga berat badan adalah dengan melakukan latihan aerobik. Itu sebabnya dokter menyarankan olahraga ini sebagai langkah pertama menurunkan kolesterol jahat pada orang yang gaya hidupnya kurang bergerak.

8. Memperbaiki kadar gula darah
Beberapa studi menyimpulkan, latihan kardio membantu mencegah diabetes tipe dua dan memperbaiki gejalanya. Ini terjadi karena membaiknya cara tubuh menggunakan gula darah.

9. Mengurangi gejala depresi
Dalam sebuah penelitian, orang yang memiliki depresi berat melakukan olahraga berjalan kaki atau treadmil selama 30 menit dalam 10 hari berturut-turut. Hasilnya, gejala depresinya berkurang.

10. Membuat kulit lebih segar
Dibandingkan dengan orang yang jarang bergerak, ternyata orang yang rutin melakukan olahraga ini memiliki kulit lebih sehat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com