Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/03/2018, 11:00 WIB
Kahfi Dirga Cahya,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Jika bicara tentang kandungan lemak sehat dalam ikan, biasanya kita langsung menyebut ikan seperti tuna dan salmon. Padahal, nutrisi dalam ikan sardin tak kalah hebat.

Dikutip dari Men’s Journal, disebutkan bahwa sardin mengandung 20 gram protein per tiga ons, dan merupakan salah satu sumber kalsium dan vitamin D terbaik, yang keduanya penting untuk kesehatan tulang dan otot.

Ikan sardin juga mengandung asam lemak omega-3 tinggi, yang membantu melawan peradangan dan menurunkan kolesterol LDL (jahat). "Kandungan gizi ikan ini cukup sempurna," kata ahli gizi Lauren Antonucci.

Selain itu, peneliti dari Saint Louis University menemukan bahwa atlet yang mengkonsumsi suplemen omega-3 sebelum dan sesudah angkat beban akan merasa rasa sakitnya berkurang. 

Ahli gizi Lauren Slayton mengungkapkan, mengonsumsi beberapa porsi ikan sardin dalam sepekan serupa dengan mengonsumsi suplemen harian.

Ikan sardin juga disebut lebih aman daripada ikan laut lainnya.  Tidak seperti varietas yang lebih besar, seperti tuna—sarden mengandung kadar toksin (seperti merkuri) lebih rendah.

Sebagai sumber kalsium, sardin adalah pilihan yang tepat karena kita bisa makan semua bagian tubuhnya termasuk tulang.

Tak sulit untuk menemukan ikan sardin, karena sering disajikan dalam kaleng. Tapi ikan sardin segar juga bisa ditemukan di pasar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com