Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/03/2018, 07:16 WIB
Lusia Kus Anna

Penulis

KOMPAS.com - Indonesia kaya akan berbagai perawatan kulit tradisional, salah satunya adalah Batimung yang berasal dari Banjar, Kalimantan Selatan.

Terinspirasi dari kecantikan Putri Junjung Buih, Batimung biasanya digunakan sebagai pengobatan, perawatan calon pengantin, serta wanita dewasa dan remaja putri, untuk memelihara kebugaran dan menghilangkan bau keringat.

Perawatan ini menggunakan ramuan yang terdiri dari rempah khas Indonesia yaitu pula sari, akar wangi, temulawak, pucuk ganti, ginseng, mesoyi, jeruk purut, buah adas, temugiring, biji klabet, cengkeh, kayu manis, bunga sisir, kapulaga jawa, dan lada.

Perawatan Batimung.Dok Gaya Spa Perawatan Batimung.
Di Jakarta, salah satu tempat yang menyediakan perawatan Batimung adalah Gaya Spa Wellness yang memang memiliki terapi Etno Spa yang berlatar belakang budaya Indonesia.

"Perawatan Batimung ini sangat bagus untuk menghilangkan bau badan, jadi di era modern ini tidak perlu menunggu untuk mau menikah saja yang bisa melakukannya," kata Agnes Lourda Hutagalung, pemilik Gaya Spa Wellness dalam acara temu media, Selasa (20/3).

Rempah-rempah yang dipakai dalam perawatan ini efektif untuk meluruhkan toksin dan sel kulit mati sehingga tubuh lebih segar dan harum.

Selain itu, teknik pijatan yang dipakai juga membantu rileksasi sehingga tidur lebih nyenyak.

Agnes menjelaskan, di Banjar, tempat asal perawatan Batimung, perawatan ini memiliki filosofi kebersamaan.

"Ada nilai kebersamaan dalam Batimung karena dahulu kalau ada yang mau menikah satu kampung ikut sibuk. Ada yang menyiapkan daun pandan, melati, dan rempah lainnya," ujarnya.


 


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com