Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Setelah Mulai Diet, Kapan Berat Badan Akan Turun?

Kompas.com - 22/03/2018, 12:11 WIB
Wisnubrata

Editor

Sumber

KOMPAS.com - Mereka yang sedang berusaha menurunkan berat badan, mungkin bertanya-tanya kapan berat badan bisa turun? Kapan IMT (indeks massa tubuh) bisa masuk dalam kategori ideal?

Sayangnya, tidak ada jawaban yang pasti mengenai seberapa cepat berat badan turun akan terlihat. Menurut Robbie Clark, seorang ahli gizi olahraga, tidak ada perhitungan pasti mengenai hal ini. Sebab setiap orang berbeda-beda, termasuk respon tubuh mereka terhadap olahraga yang dilakukan.

Kecepatan metabolisme orang juga berbeda-beda sehingga sulit membuat patokan berapa cepat harusnya berat badan itu turun.

Beberapa orang yang sudah mulai berolahraga rutin 3 kali seminggu dan membatasi kalori mungkin bisa kehilangan 1 kilogram dalam 1,5 hingga 2 minggu setelah mulai diet. Namun, banyak juga yang tidak seperti ini, sehinggga ukuran ini tidak bisa dijadikan patokan.

Sebenarnya, penurunan berat badan yang ideal setiap minggu berkisar antara 0,5 sampai 1,5 kilogram. Jadi dalam waktu sebulan, diharapkan berat badan turun 2-5 kilogram.

Tidak disarankan untuk langsung menurunkan berat badan secara ekstrem, misalnya 10 hingga 20 kilogram per bulan. Ini justru akan berdampak buruk bagi kesehatan.

Baca juga : Diet Selalu Gagal? Salahkan 4 Bahan Makanan Ini

Beberapa faktor yang memengaruhi seberapa cepat perubahan akan terjadi

1. Faktor olahraga

Orang yang sama-sama melakukan olahraga 3 kali seminggu belum tentu mengalami penurunan berat badan yang sama persis. Ini semua tergantung durasinya tiap latihan, intensitas latihan, dan juga jenis latihan olahraga yang dilakukan. Maka dari itu, olahraga sulit dijadikan penentuan seberapa cepat berat badan turun.

2. Faktor biologis

Bicara soal kondisi biologis tentu tidak jauh-jauh dari metabolisme tubuh. Tubuh harus menjalankan fungsi dasar (bernapas, berpikir, mengalirkan darah, dan lain-lain) yang akan menggunakan 50-70 persen kalori dalam tubuh.

Tingkat di mana tubuh menggunakan kalori atau energi untuk fungsi dasar tubuh saat istirahat ini disebut tingkat metabolisme basal atau basal metabolic rate (BMR).

Karena metabolisme setiap orang berbeda-beda, maka kecepatan berat badan turun setelah mulai diet pun akan beda juga antara satu orang dan lainnya.

Baca juga : 4 Cara Meningkatkan Metabolisme Agar Mudah Langsing

3. Faktor asupan gizi

Asupan gizi juga menjadi faktor yang penting. Idealnya, agar berat badan turun kurangi 500-1.000 kalori per hari. Misalnya biasa makan nasi 200 gram setiap kali makan, kamu bisa menguranginya menjadi 100 gram. Dari situ kamu telah mengurangi 175 kalori dari yang biasanya.

Halaman:
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com