Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Konsumsi Yogurt Saat Perut Kosong Lebih Dianjurkan

Kompas.com - 23/03/2018, 08:03 WIB
Kahfi Dirga Cahya,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Yogurt merupakan salah satu santapan penuh nutrisi. Dari berbagai penelitian, susu fermentasi ini memiliki sederet manfaat seperti menyehatkan pencernaan hingga mencegah hipertensi.

Bahkan ada studi yang menyimpulkan  yogurt dapat membuat awet muda. Semua itu memang tak lepas dari kandungan yogurt yang dipenuhi oleh bakteri baik, hingga tinggi protein dan lemak baik. 

Sekali pun penuh nutrisi dan bermanfaat, yogurt tak bisa diasup di sembarang waktu. Hal ini tentu untuk mengoptimalkan manfaat yogurt.

Dokter spesialis gizi Diana F Suganda mengungkapkan waktu menyantap yogurt sebaiknya saat snack time atau waktu camilan.

“Alasannya saat snack time itu perut kosong dan itu lebih baik,” kata Diana kepada Kompas Lifestyle dalam peluncuran KIN Bulgarian Yogurt, Jakarta, Kamis (22/3/2018).

Saat perut kosong, bakteri baik yang terkandung dalam yogurt akan terserap dengan baik. Berbeda dengan perut penuh makanan, yang justru membuat yogurt kurang tercerna dengan baik. 

“Saat perut terisi penuh makanan, tubuh lagi mencerna yang utama tadi, jadi enzim semua sudah dipakai, sehingga yogurt tak dicerna,” katanya.

Umumnya snack time dua kali dalam sehari, pagi dan sore hari. Untuk pagi yakni sekitar pukul 10, karena saat itu perut mulai kosong setelah menyantap sarapan pagi hari. Kemudian saat sore hari bisa pada pukul 4 atau 5 sore.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com