Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Punya Saudara Perempuan Bikin Seseorang Lebih Bahagia, Benarkah?

Kompas.com - 23/03/2018, 09:27 WIB
Nabilla Tashandra,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kamu punya saudara perempuan dalam keluarga? Sebuah penelitian menyebutkan bahwa bagi seorang anak perempuan, memiliki saudara perempuan ternyata membuat ia lebih bahagia. Benarkah demikian?

Mungkin saat masih kecil, dua anak perempuan atau lebih dalam keluarga bisa saling rebut pakaian atau bertengkar. Namun, ternyata menurut penelitian, saudara perempuan memegang peran vital dalam kebahagiaan sebuah keluarga.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan University of Ulster dan De Montfort University di Leicester, Inggris, selain membuat lebih bahagia, saudara perempuan juga membuat seseorang menjadi lebih berpikir positif.

"Para saudara perempuan cenderung saling terbuka dalam komunikasi dan kompak dalam keluarga," ujar Profesor Tony Cassidy soal temuan tersebut.

Tapi, bukan berarti keluarga dengan anak-anak laki-laki selalu buruk. Meskipun penelitian mengungkapkan bahwa keluarga dengan anak laki-laki tidak sebahagia mereka dengan anak perempuan.

"Para saudara laki-laki memiliki efek alternatif. Ekspresi emosional sangat mendasar terhadap kesehatan psikologis dan memiliki saudara perempuan akan menguatkannya," kata dia.

Profesor Tony menambahkan, dalam keluarga, laki-laki cenderung malas berbicara. Dengan adanya sejumlah anak laki-laki dalam keluarga, mereka akan seolah "berkonspirasi" untuk sama-sama tidak membangun percakapan. Sedangkan perempuan sering kali memecahkan kediaman itu.

Meski begitu, penelitian tersebut hanya mengikutsertakan 571 orang sehingga mungkin saja ada hasil yang berbeda dari temuan lain di budaya dan tempat berbeda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com