Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/03/2018, 20:30 WIB
Glori K. Wadrianto

Editor

Sumber Alodokter

KOMPAS.com - Ibu hamil pasti pernah mendengar informasi yang mengatakan jika minum air kelapa bisa membuat kulit si kecil menjadi putih, atau rambutnya menjadi lebat dan hitam.

Informasi tersebut bisa jadi hanya sekadar mitos, tapi bukan berarti air kelapa tak bermanfaat bagi ibu hamil.

Saat ini banyak minuman kemasan yang mendompleng manfaat air kelapa. Bahkan, banyak yang mengklaim sebagai minuman hidrasi super.

Jadi, jika kamu sedang hamil dan ingin mengonsumsi air kelapa, pastikan untuk meminum air kelapa asli, bukan air yang memiliki rasa kelapa.

Mari telaah kaitan antara air kelapa dan ibu hamil, seperti uraian yang dikutip dari laman Alodokter.com, berikut ini.

Kenapa bermanfaat untuk ibu hamil?

Selama menjalani masa kehamilan, perempuan bisa mengonsumsi air kelapa karena memiliki sejumlah manfaat bagi ibu dan janin. Manfaat tersebut antara lain:

1. Sumber elektrolit dan antioksidan

Air kelapa mengandung elektrolit, meminum air kelapa bisa mengganti asupan elektrolit yang terbuang saat muntah pada ibu hamil yang mengalami morning sickness.

Air kelapa pun mengandung antioksidan yang membantu melenyapkan radikal bebas di tubuh. Untuk hasil yang maksimal, pilihlah air kelapa segar, bukan air kelapa kemasan.

2. Membantu mengurangi kelelahan

Kandungan elektrolit dalam air kelapa sangat baik dalam mengganti cairan tubuh yang hilang sehingga ibu hamil terhindar dari dehidrasi.

Garam alami pada tubuh dapat digantikan dengan air kelapa karena mengandung garam alami seperti natrium, kalium, dan klorida.

3. Mencegah infeksi saluran kencing

Keluhan yang cukup sering dialami ibu hamil adalah infeksi saluran kencing karena adanya perubahan hormon dan perkembangan rahim yang menekan kandung kemih.

Halaman:
Sumber Alodokter
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com