Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/03/2018, 13:00 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

KOMPAS.com - Kesadaran yang lebih tinggi akan gaya hidup sehat di masyarakat membuat camilan yang bernutrisi lebih disukai. Salah satunya adalah yang menggunakan bahan baku kacang mete.

Kacang-kacangan, termasuk kacang mete merupakan makanan sehat yang dianjurkan untuk dikonsumsi rutin.

Manfaat kacang mete terutama untuk kesehatan jantung, fungsi otot, termasuk juga pembentukan sel darah merah. Kacang ini memiliki kandungan protein, mineral, dan vitamin.

Salah satu camilan kacang mete yang cukup terkenal di Indonesia adalah East Bali Cashews.

Menggunakan bahan-bahan hasil panen lokal dari perkebunan di sekitar pabriknya di Karangasem, Bali. Produk ini tidak hanya dijual di Bali, tapi juga kota-kota besar lain, bahkan dipasarkan di Singapura, Australia, bahkan Selandia Baru.

Menunrut Iput Poernomo, General Manager East Bali Cashews, pada tahun 2017 lalu produk camilan ini mengalami peningkatan angka penjualan yang signifikan.

"Terdapat dua jenis produk yang masing-masing meningkat 700 persen dan 800 persen, yaitu Chocolate Vanilla Granola Bites dan Salted Caramel Popcorn with Cashews,” kata Iput.

Produk Granola Bites menjadi salah satu yang paling populer terutama dengan rasa Chocolate Vanilla. Produk ini memadukan granola yang memiliki kandungan fiber tunggi dengan rasa kakao asli Bali yang kaya akan zat besi dan magnesium dicampur dengan harumnya vanila.

Sementara produk Popcorn with Cashews juga mendapat banyak respon positif dari konsumen. Dalam pembuatannya, digunakan garam laut murni yang dipanen langsung dari pantai Timur Bali, sehingga memberikan rasa gurih alami pada camilannya.

Menurut Iput, kesuksesan penjualan produk tersebut mungkin terletak pada kebutuhan pasar dan harganya yang terjangkau.

“Pasar Indonesia sedang membutuhkan camilan lokal yang lebih sehat dari pilihan snack yang selama ini beredar di pasaran,” kata Iput.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com