Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ragam Batik Bercitra Grunge Hingga Klasik di Penutup PIFW 2018

Kompas.com - 25/03/2018, 09:16 WIB
Nabilla Tashandra,
Wisnubrata

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebanyak enam koleksi busana batik dari desainer dan label batik ternama tanah air menghidupkan panggung Plaza Indonesia Fashion Week (PIFW) 2018 di hari terakhirnya, Jumat (23/3/2018).

"Kain" menjadi tema khusus hari terakhir PIFW dengan mengangkat kekayaan batik nusantara. Enam koleksi mengangkat tema kain, bagaimana hasilnya?

Mengesankan! Tak hanya model-model busana klasik, namun koleksi busana dengan nafas muda dan kekinian juga ditampilkan di atas runway. Dipadukan dengan musik yang semakin menunjang kemegahan tiap koleksi.

Show pertama mempertunjukkan 20 koleksi kolaborasi Parang Kencana dengan Wilsen Willim. Dengan siluet campuran dan dominasi warna hitam, Wilsen berusaha menunjukkan kebebasan berekspresi lewat koleksi pakaian.

Koleksi kolaborasi kolaborasi Alleira Batik dan Rama Dauhan yang ditampilkan pada Plaza Indonesian Fashion Week 2018, Jumat (23/3/2010).KOMPAS.com/Nabilla Tashandra Koleksi kolaborasi kolaborasi Alleira Batik dan Rama Dauhan yang ditampilkan pada Plaza Indonesian Fashion Week 2018, Jumat (23/3/2010).
Meski didominasi hitam, namun dalam beberapa pakaian Wilsen juga menonjolkan color blocking yang mengesankan.

Termasuk dari tema 'grunge' dengan European style yang dipilihnya untuk dipadukan dengan kain batik untuk menegaskan sisi unisex dari koleksi kolaborasinya kali ini.

Paduan itu misalnya dengan memakaikan jas laki-laki kepada model wanita dan sebaliknya, memakaikan jaket wanita kepada model laki-laki.

"Siluetnya basic, karena everyday wear. Aku main di styling dan cutting yang memang mau meng-highlight gaya unisexnya," kata Wilsen.

Show pertama ditutup oleh koleksi 20 busana dari Lekat. Menonjolkan bahan organza dipadukan dengan kain Baduy, koleksi desainer muda Amanda Lestari didominasi warna biru, merah, putih, dan hitam serta dibawakan dengan desain yang playful.

Koleksi busana Batik Berkah by Barli Asmara yang ditampilkan pada Plaza Indonesian Fashion Week 2018, Jumat (23/3/2010).KOMPAS.com/Nabilla Tashandra Koleksi busana Batik Berkah by Barli Asmara yang ditampilkan pada Plaza Indonesian Fashion Week 2018, Jumat (23/3/2010).
Show kedua dibuka dengan koleksi kolaborasi Alleira Batik dan Rama Dauhan yang mengusung tema "Punika".

Kesan feminin dan fun menjadi highlight pada koleksi kolaborasi tersebut. Menonjolkan siluet busana berupa dress, jumpsuit, outwear, hingga blouse yang dibuat dengan detail flare hingga a-simetris.

Warna-warna alam yang hangat mendominasi pakaian dalam koleksi tersebut. Seperti hitam, biru, abu, serta jingga.

Penggabungan antara batik tradisional dan gaya millenial menjadi garis utama yang digambarkan dalam koleksi ini.

"Spirit yang mau dibawa adalah spirit garis design Rama Dauhan yang selalu muda, edgy, dengan bahan tradisional Alleira yang lebih berani," ucap desainer Rama Dauhan.

Show dilanjutkan dengan koleksi 20 busana Batik Berkah dari desainer Barli Asmara.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com