Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Walau Pensiun, Kobe Masih Mendapatkan Koleksi Sepatu Terbaru

Kompas.com - 26/03/2018, 15:07 WIB
Kahfi Dirga Cahya,
Wisnubrata

Tim Redaksi

Sumber GQ

KOMPAS.com - Kobe Bryant sudah pensiun dari lapangan basket sejak 2016, tapi Nike tetap merilis sepatu terbaru koleksi legenda LA Lakers tersebut.

Dikutip dari GQ.com, koleksi terbarunya, Kobe A.D. NXT 360, pertama kali terlihat dipakai oleh bintang Toronto Raptor dan calon MVP DeMar DeRozan.

Sepatu yang dikenakan oleh DeRozan ini merupakan seri ketiga dari koleksi Nike Kobe A.D. yang memulai debut awal pada bulan November 2016. Kobe A.D. merupakan koleksi sepatu ke-12 Kobe bersama Nike, dan rilis pertama sejak dia pensiun. 

Meskipun Kobe sudah pensiun, Nike mempersembahkan koleksi ini untuk para penggemar dan pemain yang mencerminkan gaya permainan ‘Black Mamba’.

Sebut saja pemain seperti Isiah Thomas dari Boston Celtic yang mendapatkan Shamrock-green Kobe, kemudian DeRozan yang mendapat kesempatan mengenakan Kobe A.D. versi terbaru yang lebih minimalis. 

Kobe A.D. NXT 360Nike Kobe A.D. NXT 360
Sebenarnya bukan hal yang baru bagi Nike untuk meluncurkan koleksi sepatu terbaru, sekali pun para pemain yang menyandang namanya sudah pensiun. Sebut saja Penny Hardaway dengan Penny Air 6-nya.

Tapi, Nike punya alasan sendiri mengapa terus menambah koleksi dalam bahan dan warna terbaru. Kobe—meskipun sudah pensiun—masih menjadi atlet dengan seri sneaker paling relevan untuk para pemain yang masih aktif.

Menurut data, sepatu yang dikenakan oleh sebagian besar atlet NBA bukanlah Jordan, atau LeBrons, atau Hardens—melainkan Kobe.

Sebut saja seperti bintang Milwaukee Bucks, Giannis Antetokounmpo yang lahir pada 1994—empat tahun sebelum Jordan berhenti bermain dengan Chicago Bull. Dia tak menggemari Jordan, melainkan Kobe. Ini dapat dilihat dari sepatu yang dikenakan hingga kini. 

Nike yang tahu betul bahwa ada pergeseran tersebut, kini terus mempersiapkan koleksi-koleksi terbaru sepatu mereka dari para pemain NBA saat ini. 

Poin pentingnya adalah Jordan bukan satu-satunya cara untuk terlihat keren dengan sepatu Nike. Bahkan untuk mereka yang lahir di tahun 90-an dan 2000-an, idola mereka bukan Jordan, melainkan Kobe.

Kobe A.D. NXT 360Nike Kobe A.D. NXT 360
Fakta bahwa koleksi sepatu Kobe masih tetap dikeluarkan sekalipun sudah pensiun adalah karena Nike ingin tetap mempertahankan posisinya di bola basket dan mendapatkan pundi-pundi. 

Coba tengok kerjasama Nike dengan LeBron James yang memiliki kesepakatan seumur hidup senilai lebih dari satu miliar dollar AS.

Karena itu, ketika James pensiun, jangan kaget jika Nike mencoba—dan berhasil—untuk meniru apa yang sedang dilakukannya sekarang dengan Kobe. 

Dalam 10 tahun mendatang, ketika sekelompok superstar NBA datang dari usia yang mengidolakan James atas Kobe (seperti, katakanlah, LeBron James, Jr.), Nike akan berada pada posisi yang baik. 

Dan selama orang masih meneriakkan nama Kobe! Atau masih suka melemparkan sampah ke tong sampah dengan gaya pemain basket, Nike terus akan menemukan cara untuk mengambil keuntungan dari warisan Kobe!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber GQ
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com