Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bagian Tubuh yang Paling Cepat Tunjukkan Tanda Penuaan

Kompas.com - 29/03/2018, 14:41 WIB
Nabilla Tashandra,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ada beberapa faktor yang menyebabkan kondisi kulit seseorang terlihat cepat tua. Namun, ada bagian-bagian tubuh tertentu yang memang lebih cepat menunjukkan tanda-tanda penuaan.

Tanda-tanda itu terlihat misalnya dari warna dan tekstur kulit yang mulai menunjukkan perubahan. Bagian mana saja kah itu?

1. Tangan

Tangan akan menunjukkan tanda-tanda penuaan lebih cepat, khususnya pada wanita. Dermatolog tersertifikasi, Kally Papantoniou, MD, FAAD menjelaakan, hal itu disebabkan oleh perubahan hormon yang mengurangi elastisitas kulit dan berkurangnya volume pada bagian punggung tangan.

"Perubahan ini juga menyebabkan tampilan kulit menurun dan urat-urat tangan terlihat jelas," kata Dr Papantoniou.

Selain itu, tangan juga sering tak terlindungi dari paparan sinar matahari sehingga proses penuaan tersebut lebih cepat terjadi.

Untuk meminimalisasinya, Dermatologis dan Asisten Klinik di Dermatologi UCLA, Ivy Lee, MD menyarankan untuk rajin menggunakan tabir surya dan mengenakan sarung tangan guna menghindari paparn sinar ultraviolet yang berbahaya.

Baca juga : Perlambat Proses Penuaan dengan Mengurangi Kalori

2. Mata

Apakah kamu pernah mendengar istilah 'laugh lines' atau garis senyum? Dr Papantoniou menjelaskan, garis wajah tersebut terbentuk pada kulit sekitar mata yang memiliki tekstur lebih tipis dan akan memunculkan kerutan jika melakukan sejumlah kebiasaan seperti tersenyum atau memicingkan mata saat terkena paparan sinar matahari.

Kebanyakan tabir surya mengandung formula tertentu sehingga tak diperkenankan jika diaplikasikan ke sekitar mata.

Oleh karena itu, untuk melindungi paparan sinar matahari gunakan lah kacamata yang menawarkan proteksi ganda, seperti menahan sinar ultraviolet dan meminimalisasi kita untuk memicingkan mata.

Baca juga : 7 Rahasia Sederhana Melawan Penuaan

3. Bibir

Garis-garis halus di sekitar bibir seringkali terbentuk setelah garis di mata dan dahi. Dr Papantoniou mengatakan, paparan sinar matahari menjadi salah satu alasannya.

Di samping itu ada pula kebiasaan yang menunjang terbentuknya kerutan itu, seperti minum dari sedotan dan botol air minum.

4. Dahi

Halaman:

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com