Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesia Sabet Juara Ke-2 dalam Kompetisi All Asia Waacking Festival

Kompas.com - 02/04/2018, 07:14 WIB
Andreas Lukas,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

BALI, KOMPAS.com - Waacker (sebutan penari waacking) asal Indonesia, Danzel (17), menyabet posisi ke-2 dalam kompetisi All Asia Waacking Festival (AAWF) 2018.
 
Waacking merupakan salah satu jenis tarian yang tumbuh di Los Angeles, Amerika Serikat dan umumnya memiliki latar musik diskotik tahum 70'an. 
 
Danzel mengalahkan para peserta dari negara-negara lain seperti China, Jepang, Australia, Korea Selatan hingga Kanada. Dia hanya kalah dari peserta asal Filipina, Mickey Paolo, yang menyabet posisi pertama saat grand final yang digelar di Hotel Hard Rock, Bali, Sabtu (31/3/2018).
 
Bukan perkara mudah untuk memenangi kompetisi asal Jepang ini. Ketua penyelenggara AAWF 2018 Angelenzy mengungkapkan para peserta harus lebih dulu mengikuti beberapa tahapan seleksi.
 
Pada seleksi pertama para peserta dibagi menjadi enam kelompok yang masing-masing berjumlah 13 peserta. Mereka kemudian diseleksi hingga 16 orang untuk mengikuti babak final.
 
Pada tahap ini, para kontestan akan diadu satu lawan satu. Mereka akan dinilai oleh seluruh juri sampai mendapatkan dua orang pemenang: juara satu dan dua. Akhirnya, perwakilan Indonesia bisa keluar sebagai juara ke-2.
 
Founder Etoile Dance Center selaku penyelenggara, Archangela Lukman, mengungkapkan AAWF 2018 tergolong sukses meskipun kali pertama diadakan di Indonesia. Para peserta disebut memberikan pujian dan sambutan positif penyelengaraan acara ini.
 
"Para waacker mengatakan acara ini bagus dan harus dipertahankan, apalagi acara ini baru pertama kali diadakan di Indonesia, karena sebelum-sebelumnya di Jepang” ungkap Archangela.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com