Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Situasi yang Bisa Bikin Hubungan Kita dan Sahabat "Putus"

Kompas.com - 03/04/2018, 09:52 WIB
Nabilla Tashandra,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kata 'putus' tak hanya berlaku bagi pasangan, namun juga terhadap hubungan persahabatan. Ditinggalkan sahabat yang biasa menjadi tempat curhat kita justru mungkin lebih menyakitkan daripada ditinggal kekasih.

Persahabatan bisa membuat seseorang merasa diakui, bahagia dan saling memiliki. Persahabatan kadang bertahan jauh lebih lama daripada hubungan romantis seseorang.

Oleh karena itu, terus lah jaga hubungan persahabatanmu. Salah satu caranya adalah dengan menjaga agar hal-hal yang merusak persahabatan tidak terjadi. Apa saja itu?

1. Kepedulian yang tak seimbang

Salah satu hal mendasar dalam persahabatan dadalah kepedulian. Adalah hal yang wajar jika kita dan sahabat saling berbagi kepedulian, asal tidak berlebihan sehingga membosankan.

Hal itu akan menimbulkan ketidakseimbangan, kesalahpahaman, hingga rasa sakit.

Oversharing atau terlalu banyak cerita soal satu hal juga bisa menjadi salah satu faktor perusak persahabatan.

Seorang sahabat memang punya tugas untuk mendengarkan keluh kesah sahabatnya, namun jangan lupa untuk menjaganya tetap dalam batas. Jika terlalu sering cerita tentang hal yang sama, itu bisa mengesalkan.

Untuk menghindarinya, cobalah mengubah sesi curhat lebih kepada diskusi dan berikan sahabatmu kesempatan untuk curhat soal dirinya juga.

Baca juga : Mengapa Pria Lebih Jujur dan Suka Curhat ke Sahabat Pria

2. Waktu dan tenaga

Persahabatan mengorbankan waktu dan tenaga. Hubungan persahabatan yang berharga adalah memiliki waktu yang berkualitas (quality time) bersama serta membutuhkan timbal balik positif terhadap masing-masing individu.

Misalnya, jangan sampai sahabatmu merasa dirinya lebih sering berjuang untuk menghampirimu di tempat kerjamu, ketimbang kamu yang menghampirinya terlebih dahulu.

Hal-hal yang berat sebelah seperti itu akan membuat seseorang merasa dimanfaatkan, tidak dihormati dan tidak disayangi.

Baca juga : Mengapa Pria Butuh Sahabat Dekat

3. Afiliasi dan gaya hidup

Persahabatan biasanya dibangun karena adanya suatu keterkaitan. Misalnya menyukai sesuatu yang sama atau sama-sama merupakan karyawan baru di sebuah perusahaan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com