Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yuk, Curhat Masalah Pernikahan di Situs Lakibini.net

Kompas.com - 03/04/2018, 17:45 WIB
Nabilla Tashandra,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Membina hubungan rumah tangga memang tidak mudah. Permasalahan antara pasangan suami-istri seringkali terjadi dan komunikasi yang tidak lancar sering menjadi akar masalahnya.

Menurut Founder Hepi. inc, Arief Junor dan Agnes Aninditya Kumala Aprilia, komunikasi yang terhambat itu salah satunya disebabkan karena pasangan suami istri sibuk masing-masing.

Dari hasil forum group discussion (FGD) yang dilakukan Arief dan Agnes pada 40 pasangan di kota-kota besar, banyak pasangan yang mengaku punya masalah komunikasi dengan pasangannya dan tak memiliki waktu berkualitas bersama.

"Dari hasil FGD kami menemukan kenapa akhirnya banyak pelakor. Karena curhat ke orang yang salah, quality time (dengan pasangan) tidak ada. Ketemu pasangan bawaannya marah karena kesalahpahaman," ujar Agnes.

Hal itu terjadi karena seorang suami atau istri 'curhat' kepada orang lain yang tidak tepat. Apalagi setelah menikah, seseorang seringkali tak memiliki teman 'curhat' yang memiliki pengalaman sama.

Karena keasyikan curhat dengan orang yang bukan pasangannya, lama-lama bisa muncul perasaan saling membutuhkan dan berakhir dengan hubungan gelap. Menurut Agnes, fenomena pelakor (perebut 'laki' orang) juga berawal dari kondisi butuh teman curhat.

Alasan itu pula yang mendasari Arief dan Agnes membuat situs lakibini.net. Dalam situs ini terdapat forum untuk saling bercerita. Mereka berharap situs ini bisa jadi wadah berbagi pengalaman positif, termasuk menceritakan soal keseharian rumah tangga.

"Kami tidak ajak orang untuk curhat secara vulgar terhadap problemnya, tapi cerita-cerita dalam konteks positif dengan tema sederhana. Kayak suami senang atau tidak jika istri pakai makeup, share cara foto anak dan istri yang bagus. Hal-hal yang receh saja," ucap Agnes dalam acara di Jakarta (3/4).


Founder lakibini.net, Arief Junor dan Agnes Aninditya Kumala Aprilia dalam peluncuran situsnya di Jakarta, Senin (3/4/2018).KOMPAS.com/Nabilla Tashandra Founder lakibini.net, Arief Junor dan Agnes Aninditya Kumala Aprilia dalam peluncuran situsnya di Jakarta, Senin (3/4/2018).
Hal itu juga berangkat dari pengalaman Arief dan Agnes di awal pernikahan mereka. Karena sibuk dengan pekerjaan masing-masing mereka sama-sama tak memiliki waktu untuk hanya sekadar ngobrol ringan.

Arief menceritakan, saat itu, blog menjadi pilihan keduanya sebagai wadah curhat. Namun belakangan, mereka berpikir bahwa wadah yang lebih besar akan membawa manfaat yang lebih besar kepada para suami-istri secara luas.

"Kami dulu menjaga keharmonisan lewat blog. Jadi kami ingin (lakibini.net) arahnya ke situ. Segala hal bisa diceritain di situ. Menjaga komunikasi agar tetap harmonis," ucap Arief.

Meski diperuntukkan bagi para pasangan suami-istri, namun lakibini.net terbuka bagi semua pihak untuk saling berbagi hal informatif soal kehidupan berumah tangga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com