Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Doga", Yoga "Spesial" untuk Anjing demi Atasi Perilaku Buruk

Kompas.com - 03/04/2018, 21:00 WIB
Ariska Puspita Anggraini,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Yoga memang memiliki banyak manfaat bagi manusia. Namun, bagaimana jika latihan ini diterapkan pada anjing?

Seorang dokter hewan di Rochester, sebuah kota di barat laut negara bagian New York, Amerika Serikat, memberikan pelatihan yang disebut dengan "doga".

"Doga" merupakan latihan yoga yang diterapkan khusus untuk anjing.

Dr Danni Shemanski dari Hilton Veterinary Hospital menyebut, doga dapat memperbaiki postur tubuh anjing.

Latihan ini juga menyediakan waktu untuk memberi kesempatan bagi para anjing untuk bersosialisasi. Namun, hal terpenting adalah memperkuat ikatan antara anjing dan pemiliknya.

"Ini adalah salah satu cara kreatif untuk menghabiskan waktu dengan anjing kalian dan  membuat mereka bahagia dan mereka merasa penting," kata Shemanski.

Shemanski mengatakan, sesi doga membuat anjing merasa bahagia dan kebahagiaan hewan peliharaan juga menjadi hal yang penting.

Selain itu, latihan ini juga bisa membantu mengatasi perilaku buruk yang dapat terjadi ketika anjing -yang merupakan hewan sosial, menghabiskan terlalu banyak waktu sendirian, dan menghindari stres pada hewan tersebut.

Baca: Demi Redakan Depresi Warga, Pusat Latihan Yoga Didirikan di Gaza

Menurut dia, saat seekor anjing kurang bersosialisasi, ia akan mencari perhatian pada pemiliknya. Inilah yang seringkali menimbulkan banyak masalah.

Oleh karena itu, latihan doga hadir untuk membantu mengatasi masalah ini.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com