Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/04/2018, 07:00 WIB
Ariska Puspita Anggraini,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

Sumber the star

KOMPAS.com - Orang lanjut usia yang menghabiskan banyak waktu bermain dan mengasuh  cucunya ternyata memiliki tingkat kesehatan yang tinggi dan berumur panjang.

Penyebabnya bisa karena para kakek nenek itu jadi lebih banyak melakukan aktivitas fisik, secara psikologis lebih bahagia karena dekat dengan cucunya, atau pun secara mental lebih tertantang.

Demikian kesimpulan penelitian yang dilakukan oleh psikolog Ralph Hertwig dari Max Planck Institute yang berbasis di Berlin, Jerman.

Penelitian itu dilakukan dengan mengevaluasi data dari studi tentang penuaan di Berlin, yang mewawancarai dengan lebih dari 500 orang berusia di atas 70 tahun.

Wawancara dengan peserta riset dilakukan pada tahun 1990 dan 1993. Bahkan, para peserta tersebut diteliti hingga tahun 2009. Peneliti menemukan bahwa setengah dari kakek-nenek yang merawat cucu-cucu mereka masih mampu bertahan hidup hingga 10 tahun setelah wawancara pertama.

Sementara itu, separuh dari mereka yang tidak menghabiskan waktu untuk merawat cucunya, meninggal dalam waktu 5 tahun usai wawancara.

Walau begitu, menurut Hertwig bukan berarti semakin banyak menghabiskan waktu dengan cucu, bukan berarti mereka akan mampu hidup lebih lama.

Ia juga mengutip studi sebelumnya yang menyebut tidak ada manfaat umur panjang bagi kakek-nenek yang memikirkan cucu mereka sepanjang waktu, malah semakin membuat mereka stres.

Menurutnya, setiap orang memiliki titik kritis yang bervariasi. Oleh karena itu, sangat penting untuk menemukan media yang bisa membuat kita bahagia. Motivasi setiap orang untuk berbahagia harus muncul dari dalam dirinya sendiri.

“Mengharapkan sesuatu sebagai balasan dapat dengan cepat membuatmu frustrasi jika tidak mendapatkan apa-apa," paparnya.

Erhard Hackler, direktur pelaksana the German Senior Citizens League yang juga telah memiliki cucu, mengatakan bahwa merawat anak-anak kecil membantu membuatnya tetap sehat secara fisik dan mental.

Baca :Benarkah Kurangi Asupan Kalori Bikin Panjang Umur?

Menurutnya, orang yang telah lanjut usia hanya mengambil bagian dalam segala hal, entah untuk sekedar bermain atau berolahraga. Hidup aktif itu bisa dilakukan dengan menyenangkan, misalnya mengajak cucu bermain.

Cara lain untuk membuat lansia tetap aktif dan bahagia di masa tuanya adalah dengan terlibat dalam kegiatan sosial. Hal ini membuat mereka merasa punya tujuan penting di masa senja.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber the star
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com