Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kesalahan Make Up yang Bikin Penampilan Terlihat Tua

Kompas.com - 04/04/2018, 08:41 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

KOMPAS.com - Kosmetik ibarat pedang bermata dua. Jika digunakan dengan tepat, bisa membuat penampilan terlihat segar dan muda.Sebaliknya, kesalahan dalam mengaplikasikan dapat membuat wajah terlihat beberapa tahun lebih tua. Jangan sampai hal itu terjadi, dengan menghindari kesalahan berikut ini:

- Tidak pakai foundation
Banyak orang mengira, semakin tua usia, makin banyak make up yang dibutuhkan untuk meremajakan penampilan. Padahal, seringkali yang terjadi sebaliknya. Kita memakai make up terlalu "berat" sehingga wajah tidak segar.

Salah satu kosmetik yang seharusnya tidak boleh dilewatkan adalah foundation. Menurut make up artist Melissa Silver, malas pakai foundation akan membuat tone kulit jadi kusam dan terlihat tidak rata.

Pilih foundation yang tepat. Jika kulit kamu berminyak, gunakan foundation berbentuk powder. Untuk kulit kering, pilih yang bentuk cair atau tinted. Pemilik kulit normal atau kombinasi bisa memakai formula yang dianggap paling nyaman.

- Salah pakai warna blush on
Gunakan warna perona pipi yang senada dengan warna lipstik, sehingga terlihat ada harmoni. Unutk penampilan yang segar pilih warna yang lembut dan sapukan tipis-tipis.

- Concealer terlalu tebal
Kosmetik yang satu ini memang efektif menutupi noda bekas jerawat, kantung mata, atau warna kulit yang tidak rata. Tetapi gunakan secukupnya saja di bagian wajah yang ingin dikoreksi. Untuk bagian di sekitar mata, sebaiknya gunakan dulu krim mata agar kulit terlihat lembab.

- Pakai eyeliner di bagian bawah mata saja
Hindari memakai eyeliner hanya di bagian bawah mata saja karena akan membuat penampilan mata terlihat turun. Pemilihan jenis eyeliner juga harus diperhatikan, pilih berbentuk pensil dan gunakan tipis-tipis saja agar hasilnya natural.

- Tidak membentuk alis
Sempurnakan riasan Anda dengan merapikan dan membentuk alis. Sebagai permulaan, bentuk alis mengikuti bentuk alaminya, yaini lebih tebal di pangkal hidung, sedikit naik di tengah, lalu menipis di bagian ujung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com