Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/04/2018, 21:00 WIB
Kahfi Dirga Cahya,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kita pasti tak mau mengalami kondisi alergi terhadap seks. Apalagi hubungan seks yang memuaskan adalah kunci keharmonisan suami istri. Tapi, seperti semua hal dalam kehidupan, masih ada kemugkinan kita mendapati kondisi tersebut.

Setiap jenis alergi dipicu oleh sesuatu yang memicu respon alergi dalam sistem kekebalan tubuh seseorang. Masalahnya, bukan perkara mudah mengetahui dengan pasti penyebab alerginya, terlebih alergi seks.

Lindsey Doe, seorang seksolog klinis dan pembawa acara seri Sexpectations di YouTube, menyebutkan beberapa gejala umum alergi seks, yakni sesak nafas, kulit gatal, mata berair, hidung berair, pembengkakan vagina, sesak dada, muntah, diare dan hilang kesadaran.

Nah, berikut enam hal penting yang bisa menimbulkan alergi terhadap seks:

1. Orgasme

Walau pun sangat jarang, tapi seseorang bisa saja alergi terhadap orgasme. Orang tersebut biasanya memiliki kondisi yang disebut sindrom penyakit pasca-orgasme (POIS), atau sindrom penyakit pasca-ejakulasi.

Hal ini bisa membuat seseorang merasa lemah, demam, lelah, dan mudah tersinggung, menurut Doe. Kondisi langka ini juga menyebabkan gejala mirip flu dimulai sesaat setelah ejakulasi.

"Mereka kesulitan berkonsentrasi dan berusaha melawa kepala tersumbat segera setelah ejakulasi," kata Doe seperti dikutip dari New York Post.

Dia melanjutkan, para peneliti yang memelajari POIS tidak semuanya setuju, tetapi banyak dari mereka percaya bahwa penyebabnya adalah sperma, baik pada spermanya sendiri atau wanita yang tubuhnya mengeluarkan respon alergi pada sperma pasangannya.

"Pada dasarnya protein dalam cairan memicu reaksi alergi, biasanya rasa sakit dan terbakar," tambah Doe.

Kita juga mungkin mengalami gatal-gatal, bengkak, sesak dada, pusing, diare dan kehilangan kesadaran.

Menurut penelitian Tulane University baru-baru ini, POIS pertama kali didokumentasikan pada tahun 2002 dan ada lebih dari 50 kasus yang tercatat di seluruh dunia—tetapi bisa lebih tinggi jika pria belum pernah mendengar kondisi sebelumnya.

Baca juga: Kisah Para Wanita yang Berprofesi sebagai Penguji Mainan Seks

2. Lateks

Lateks adalah salah satu bahan utama yang digunakan dalam kondom, tetapi sayangnya, banyak orang yang alergi.

Ini juga digunakan dalam beberapa mainan seks, sehingga memiliki alergi ini dapat menyebabkan sedikit masalah di ranjang.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com