Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/04/2018, 05:18 WIB
Wisnubrata

Editor

Sumber

KOMPAS.com - Teh berasal dari tanaman Camellia sinensis yang memiliki sejumlah kandungan zat antioksidan dan kafein yang baik.

Teh sendiri memiliki beragam jenis dengan manfaatnya dan keunggulannya masing-masing untuk kesehatan. Apa saja jenis teh yang paling sering ditemui dan mana yang paling sehat?

Sebenarnya beragam teh yang ada berasal dari tanaman yang sama. Namun, yang membedakan dari semua jenis teh ini adalah proses pembuatannya.

Teh hitam terbuat dari daun yang telah dioksidasi sempurna. Oksidasi adalah proses yang melibatkan interaksi oksigen dengan permukaan daun teh sehingga kemudian menghasilkan komponen aktif yang bermanfaat bagi tubuh.

Teh oolong teroksidasi sebagian, sedangkan teh hijau tidak teroksidasi. Sama dengan teh hijau, teh putih juga tidak teroksidasi, tapi teh putih dibuat dari daun muda atau kuncup. Semua jenis teh ini bermanfaat untuk kesehatan.

Baca juga : 5 Jenis Teh untuk Menurunkan Berat Badan

1. Teh hitam

Teh hitam memiliki kadar kafein yang paling tinggi di antara jenis teh lainnya. Kadar kafein ini membuat teh hitam dapat menjadi pengganti kopi untuk menstimulasi kerja tubuh dan otak.

Teh hitam juga mengandung fluoride yang dapat membantu melindungi kita dari karies gigi atau gigi berlubang.

Kandungan antioksidan dalam teh hitam efektif dalam mengurangi risiko serangan jantung, aterosklerosis, batu ginjal, kanker ovarium, dan penyakit Parkinson.

Selain itu, teh hitam juga dapat membantu mencegah terjadinya hipotensi ortostatik, yaitu kondisi di mana seseorang merasa pusing dan berkunang-kunang akibat penurunan tekanan darah, terutama saat tiba-tiba berdiri dari posisi duduk atau tiduran.

Teh hitam juga bisa menurunkan kadar kolesterol serta membantu meningkatkan kadar energi. Penelitian menunjukkan bahwa teh hitam dapat mencegah paru-paru dari kerusakan yang disebabkan oleh paparan asap rokok dan polusi udara. Hal ini juga dapat mengurangi risiko stroke.

Baca juga : Minum Teh Hitam Dapat Membantu Menurunkan Berat Badan

2. Teh hijau

Teh hijau dibuat dari daun teh yang hanya melalui satu kali penyaringan. Teh hijau adalah jenis teh yang kaya akan antioksidan, yang berfungsi untuk mencegah infeksi pada kandung kemih dan membantu melawan jenis kanker tertentu seperti kanker payudara dan kanker paru.

Teh hijau dapat menurunkan kadar kolesterol total dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL).

Senyawa polifenol yang ditemukan dalam teh hijau juga dapat menghambat penyerapan kolesterol oleh usus halus dan secara bersamaan membantu tubuh membuang kelebihan kolesterol.

Halaman:
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com