Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Furnitur Rumah Ini Buat Hunian Rumah Kecil Lebih Luas

Kompas.com - 05/04/2018, 13:00 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

Sumber

KOMPAS.com - Sekarang ini model rumah yang dibangun oleh para pengembang kebanyakan adalah hunian bertipe kecil. Lahan rumah yang terbatas  menuntut kamu untuk cermat dalam memilih dan menata furnitur rumah, sehingga setiap ruangan di rumah bisa berfungsi dengan baik dengan tampilan estetis yang tetap memikat.

Banyaknya variasi model dari furnitur rumah sebaiknya nggak membuatmu impulsif dalam memilih. Kamu tetap harus memperhatikan dimensi dan desain furnitur yang  sesuai dengan luas serta konsep desain ruangan di rumahmu.

Desainer interior dari Dekoruma, Kania, telah merangkum beberapa furnitur rumah yang sesuai untuk rumah bertipe kecil.

1. Sofa bentuk L untuk ruang keluarga
Furnitur rumah yang menjadi elemen utama dari sebuah ruang keluarga adalah sofa.  Namun, seringkali ukuran sofa yang dipilih tidak proposional dengan luas dan bentuk ruang keluarga yang ada.

Sofa dengan bentuk L bisa menjadi solusi untuk ruang keluarga yang sempit sekaligus bisa dijadikan sebagai pembatas ruangan tanpa sekat. Untuk mendapatkan kesan ruangan yang lebih luas, sebaiknya kamu menempatkan furnitur ini mengikuti bentuk siku dinding rumahmu.

Pilih sofabed yang bisa dengan mudah dibuka dan dilipat kembali.Dekoruma.com Pilih sofabed yang bisa dengan mudah dibuka dan dilipat kembali.

2. Sofa bed, furnitur multifungsi yang praktis
Furnitur rumah lain yang bisa mengatasi masalah keterbatasan ruang adalah furnitur yang bersifat movable atau dapat dilipat. Sofa bed berkualitas adalah salah satunya.

Agar sofa bed terasa lebih praktis saat digunakan, kamu dapat memadukan furnitur rumah ini dengan meja samping (side table). Kamu bisa dengan mudah membuka dan melipatnya kembali.

Cermin pada pintu lemari ini bisa membantu memberikan kesan ruangan yang lebih luas. 
Dekoruma.com Cermin pada pintu lemari ini bisa membantu memberikan kesan ruangan yang lebih luas.

3. Mini bar serbaguna
Pada rumah-rumah bertipe kecil, seringkali ruang tamu, ruang makan, dan dapur dijadikan satu tanpa adanya sekat. Untuk itu, diperlukan furnitur rumah yang bisa berfungsi sebagai pembatas antar ruangan. Mini bar minimalis adalah furnitur rumah yang bisa menjadi transisi antar ruangan tanpa sekat.

Selain bisa difungsikan sebagai meja makan dan meja dapur, kamu juga bisa menggunakanya untuk bekerja, rak-rak dibagian bawahnya bisa untuk menyimpan buku-buku dan dokumen.

4. Kabinet kaca, solusi penyimpanan dan kamar sempit
Untuk menghemat ruang pada kamar tidur yang kecil, kamu bisa menggunakan furnitur rumah multifungsi, seperti lemari geser dengan cermin. Cermin pada pintu lemari ini bisa membantu memberikan kesan ruangan yang lebih luas.

Kamu bisa menempatkan furnitur rumah ini di sudut kamar, sejajar dengan pintu masuk sehingga keseluruhan wajah dari kamar bisa terlihat melalui cermin.

5. Bangku dan stool yang punya fungsi rahasia
Menjaga kerapihan juga sangat penting untuk rumah bertipe kecil. Kalau banyak barang-barang berserakan, rumah jadi kelihatan sumpek.

Kamu nggak harus menggunakan kabinet untuk menyimpan barang-barang, furnitur rumah seperti bangku penyimpanan atau storage bench dan stool juga bisa berfungsi sebagai tempat penyimpanan. Kamu bebas menyembunyikan apapun di dalam furnitur rumah ini.

Furnitur rumah seperti storage bench dan stool juga bisa berfungsi sebagai tempat penyimpanan.Dekoruma.com Furnitur rumah seperti storage bench dan stool juga bisa berfungsi sebagai tempat penyimpanan.

6. Bangku dekoratif untuk bersantai di teras
Ingin punya teras yang bisa jadi tempat yang asyik untuk hang out dan bersantai-santai? Tempatkan saja furnitur rumah dekoratif seperti bangku taman berbentuk peti. 

Desain furnitur rumah ini ringkas dan hemat tempat. Bantal-bantal yang menjadi hiasan juga bisa disimpan pada furnitur ini agar tidak kotor dan basah terkena hujan.

Memilih furnitur rumah yang tepat bukan sekedar untuk melengkapi isi ruangan. Jika furnitur rumah tidak disesuaikan dengan kebutuhan ruang yang ada, maka ruangan tersebut tidak akan berfungsi dengan baik.

Jangan lupa, kalau kamu bisa menemukan perabotan dan dekorsi terfavorit dengan mudah di dekoruma. Selamat menata rumah!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com