Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pria "Berumur" Pilih Wanita Lebih Tua, Meski "Berharap" yang Muda

Kompas.com - 05/04/2018, 16:00 WIB
Ariska Puspita Anggraini,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

KOMPAS.com -Ada stereotip seksual kuno berdasarkan fakta yang terbukti secara ilmiah, bahwa pria heteroseksual lebih menyukai wanita yang lebih muda, tanpa memandang usia mereka sendiri.

Namun, sebuah penelitian terbaru mengungkap preferensi pria terhadap pasangan perempuan berdasarkan patokan usia, ternyata kian "melebar", seiring bertambahnya usia pria tersebut.

Dengan kata lain, tak hanya perempuan yang berusia lebih muda yang disukai pria.

Temuan ini memang tak lantas menghilangkan kecenderungan pria tua untuk tetap tertarik kepada perempuan berusia 20an tahun. 

Seperti dikutip dari laman The Independent, disebutkan pria tua masih akan berpikir untuk berhubungan dengan wanita berusia muda, meski mereka sudah berusia 50-60 tahun, bahkan lebih.

Di sisi lain, dalam riset yang dipublikasikan pada the Journal PsyArXiv, psikolog dari Åbo Akademi University, Finlandia ini, mengungkap, perempuan memiliki rentang usia yang jauh lebih sempit, terkait isu ini.

Perempuan biasanya lebih memilih pasangan pria yang lebih tua dari dia, atau setidaknya dekat dengan usia mereka.

Pemimpin penelitian ini, Jan Antfolk, mengatakan, preferensi pria untuk wanita yang lebih muda dapat dipahami dalam sebuah teori evolusi dasar.

"Seleksi alam mungkin telah membentuk strategi seksual laki-laki untuk menyertakan minat khusus pada yang lebih 'subur', yakni wanita muda,” paparnya.

“Tetapi karena wanita, -dalam banyak kasus, lebih pemilih terkait pertimbangan kehormatan dalam soal pasangan seksual, maka kebanyakan pria tak mudah menemukan pasangan, kecuali motivasi seksual harus menjadi inklusif," tambahnya.

Ia juga mengatakan, manusia cenderung memiliki hubungan seksual jangka panjang, dan hal ini tidak akan mungkin terjadi jika semua pria hanya tertarik pada wanita muda.

Baca: Punya Pasangan Bikin Pria Terlihat Lebih Cerdas dan Menarik

Antropar dan timnya mengumpulkan temuan ini berdasarkan sampel dari 2.655 orang dewasa.

Dari penelitian ini ditemukan fakta, meskipun pria tertarik pada wanita yang lebih muda, aktivitas seksual mereka tak bisa "menipu", dan mencerminkan rentang usia mereka sendiri.

Artinya, meskipun peserta laki-laki lebih menyukai wanita di usia dua puluhan, mereka mungkin belum tentu "kompatibel" secara seksual dengan pasangan yang muda.

Atas kondisi itu, Antfolk menambahkan, temuan ini menggambarkan bahwa laki-laki -ternyata, kurang terobsesi dengan wanita muda, seperti stereotip yang beredar selama ini.

"Temuan ini mungkin membantu memudarkan keyakinan bahwa laki-laki lebih tertarik pada wanita muda," paparnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com