Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/04/2018, 07:33 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

Sumber Healthline

KOMPAS.com - Raut wajah segar dan awet muda bisa kita miliki walau tanpa menguasai teknik make up atau mengedit foto di ponsel. Semua diawali dengan melakukan rutinitas skin care atau perawatan wajah yang tepat.

1. Pembersih yang lembut
Membersihkan kulit wajah adalah langkah penting untuk menghilangkan semua produk make up atau perawatan kulit yang dipakai, termasuk debu dan polutan.

Wajah yang bersih juga akan membuat produk perawatan kulit bisa meresap dan bekerja efektif. Meski begitu, gunakan pembersih wajah yang lembut untuk melindungi kulit dan mencegah dehidrasi.

Pembersih wajah dengan kadar keasaman (pH) tinggi seperti sabun sangat keras dan bisa membuat kulit iritasi.

2. Pengelupasan
Seiring bertambahnya usia, kemampuan kulit untuk meregenerasi diri menjadi lambat. Padahal, sel kulit mati yang tidak segera diganti dengan sel yang segar akan membuat kulit terlihat kusam dan tidak rata, bahkan kering.

Melakukan pengelupasan (exfoliasi) sangat membantu mengangkat sel kulit mati. Ada dua jenis pengelupasan, yakni fisik dan kimia.

Hindari mengelupas kulit dengan butiran gula atau sabun muka dengan butiran scrub yang terlalu kasar karena justru bisa mempercepat kulit kendur.

Para ahli lebih merekomendasikan exfoliasi dengan zat kimia di klinik dokter. Zat yang dipakai itu bisa melepaskan ikatan antara sel kulit mati sehingga lebih mudah disingkirkan. Cara ini juga cocok untuk semua jenis usia.

3. Gunakan serum
Secara umum serum memiliki konsentrasi bahan aktif lebih tinggi dibanding pelembab. Zat anti-aging yang biasa dipakai adalah vitamin A (retinol, tretinoin, dan tazarotene) dan vitamin C (asam askorbat L dan magnesium ascorbyl phosphate).

Selain meningkatkan kolagen di kulit, zat tersebut juga bekerja sebagai antioksidan.

4. Selalu lembabkan
Semakin tua, produksi minyak di kulit berkurang. Ini berarti kemungkinan jerawat berkurang tapi juga kulit gampang kering. Penyebab utama garis-garis kerutan mulai timbul juga karena kulit dehidrasi.

Cara mengatasinya sebenarnya mudah, selalu jaga kelembaban kulit. Gunakan produk moisturizer yang bisa mengikat air seperti gliserin dan hyaluronic acid.

5. Jangan lupakan tabir surya
Perlindungan dari kulit adalah syarat utama untuk membuat kulit terus terlihat awet muda. Sinar matahari merupakan penyebab tanda-tanda penuaan lebih cepat muncul. Ini sebabnya mengapa orang yang banyak terpapar matahari terlihat lebih cepat tua.

Gunakan tabir surya setiap hari walau kita tidak hendak berjemur di pantai. Minimal gunakan produk dengan kadar SPF 30. Cara perlindungan lain adalah dengan menggunakan topi, payung, atau menghindari paparan sinar matahari di siang hari.

6. Hindari trauma kulit
Kerutan di kulit timbul karena kerusakan pada kulit. Semakin tua, kulit semakin rapuh dan berdampak besar pada trauma, misalnya menekan wajah ke bantal saat tidur.

Batasi trauma pada kulit, misalnya dengan tidak menggosok kulit terlalu keras saat mencuci muka atau memakai krim wajah, tidak tidur pada satu sisi sepanjang malam, atau memencet kulit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Healthline
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com