Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kadar Potasium yang Rendah Sebabkan Kram dan Migrain

Kompas.com - 13/04/2018, 09:07 WIB
Kahfi Dirga Cahya,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Potasium merupakan mineral dengan manfaat beragam, antara lain membantu otot hingga jantung bekerja secara efektif. Bahkan, potasium, kandungan yang biasa ditemukan dalam pisang ini, juga bisa membantu mengatur tekanan darah.

Dikutip dari The Express, kadar potasium yang rendah dikenal sebagai hypokalaemia, dan gejala-gejalanya dapat disalahartikan sebagai masalah kesehatan lainnya.

Untuk memudahkan mengetahui cukup atau kurang potasium, ahli gizi Sarah Flower memberikan tanda-tanda yang umum terjadi.

1. Otot terasa lemah

Potasium sangat penting untuk mengubah gula darah menjadi glikogen (bahan bakar yang tersimpan di otot dan hati). Karena itu, menurut Sarah, saat kadar potasium dalam tubuh rendah, otot kita mungkin akan terasa lemah saat berolahraga.

“Kadar potasium yang lebih rendah juga bisa menyebabkan keluarnya kalsium berlebih saat buang air kecil, sehingga berdampak pada kesehatan tulang,” ungkap Sarah.

2. Otot-otot terasa kram

Potasium sangat penting bagi otot agar bekerja secara efektif. Karena itu, menurut Sarah, ketika kadar potasium tubuh rendah,  kita akan mengalami sakit, nyeri dan bahkan kejang.

3. Cepat lelah

Kelelahan juga bisa menjadi gejala kadar potasium dalam tubuh rendah. “Kadar potasium yang rendah dapat memengaruhi efisiensi impuls saraf dan sinyal listrik untuk fungsi otak yang baik, dan juga bisa berdampak pada sakit kepala, migrain, dan suasana hati yang rendah,” katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com