Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/04/2018, 11:32 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

Sumber Your Tango

KOMPAS.com - Cincin kawin bagi sebagian besar pasangan dianggap sebagai lambang cinta, simbol ikatan dan juga komitmen. Walau begitu, banyak pria yang sudah menikah malas mengenakan cincin kawin di jari manisnya.

Sebelum Anda marah dan menuduh suami macam-macam karena meninggalkan cincin kawinnya di rumah, ketahui dulu alasan tersering mereka melakukannya.

- Tak suka pakai perhiasan
Sebagian besar pria memang tak suka pakai perhiasan, karenanya mereka akan merasa tidak pede memakai cincin emas di jarinya.

- Tidak muat
Banyak orang yang makin gemuk setelah menikah, jadi wajar saja kalau cincin kawinnya akan terasa sesak dipakai.

- Terlalu berkilau
Kaum wanita memang bersahabat dengan perhiasan, tapi tidak dengan pria. Apalagi kalau perhiasan itu terlalu berkilau dengan batu permata. Sebenarnya hal ini bisa disiasati dengan memilih cincin kawin yang modelnya minimalis untuk pihak suami.

- Mengganggu pekerjaan
Jika suami Anda memang bekerja di bidang pertambangan, konstruksi, atau pun bengkel, tentu memakai cincin kawin saat bekerja justru bisa merusak atau berpotensi menghilangkannya.

- Tidak butuh pengakuan
Ada sebagian pria yang merasa tidak perlu membuat "pengumuman" bentuk komitmen mereka dengan cincin. Banyak juga pria yang merasa upacara akad nikah atau pernikahan itu sendiri lebih dari bukti akan komitmen mereka.

Meski begitu, memang ada juga pria menikah yang ingin menyembunyikan status mereka. Dalam hal ini, seorang istri biasanya cukup bisa membedakannya.

Walau seorang suami tidak memakai cincin kawinnya, tapi jika bahasa tubuh dan sikapnya menunjukkan perhatian dan cinta yang besar pada pasangannya, sebenarnya itu sudah cukup.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Your Tango
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com