Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Larang Wanita Gemuk ke Acara Mode, Kritikus Malaysia Dikecam

Kompas.com - 19/04/2018, 15:38 WIB
Ariska Puspita Anggraini,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.COM - Kritikus Mode asal Malaysia mendapat kecaman karena komentarnya yang menyebut orang dengan berat lebih dari 60 kilogram tidak harus menghadiri peragaan busana.

"Paha kalian tumpah ke kursi di kiri dan kanan. "Sangat canggung dan tidak nyaman bagi orang-orang yang duduk di sebelah kalian!" tulis Zaihani Mohd Zain pada akun Facebooknya.

Walau postingan tersebut kini telah ia hapus, tetapi banyak pengguna Facebook lain yang menyebarkan screen shoot-nya.

Tentu saja, pernyataan Zain ini dianggap sebagai bentuk perundungan fisik. Netizen pun ramai-ramai menumpahkan kekesalannya.

“Zaihani Mohd Zain, Anda harus melatih setengah ons otak Anda untuk berpikir sebelum berbicara,” tulis seseorang di Twitter.

"Kita perlu mempromosikan standar kecantikan yang lebih sehat, di mana gadis-gadis dengan indek massa tubuh yang sehat diberikan cakupan yang layak mereka dapatkan.

Baca :Pakai Baju Renang dan Pamer Selulit, Ashley Graham Banjir Pujian

"Dan tentu saja, kritikus mode kami juga harus menyadari bahwa 60kg, dengan standar apa pun, bukan obesitas,” komentar lainnya yang lain.

Bahkan orang-orang dalam industri mode Malaysia, seperti Calvin Thoo, juga mengecam hal ini.

"Apa hak orang harus mengkritik orang-orang ukuran 'plus' dan mengatakan kepada mereka untuk tidak menghadiri fashion show?" tulis Thoo lewat akun facebooknya.

Ini bukan pertama kalinya Zain memberikan komentar kontroversial mengenai berat badan. Dalam sebuah wawancara dengan media Malaysia di tahun 2016, kritikus kelas atas ini pernah mendesak para pecinta mode untuk tetap memperhatikan ukuran pinggang mereka.

"Jika kalian menyukai mode, maka ada pengorbanan yang harus dilakukan," katanya.

“Perhatikan berat badanmu. Orang-orang mungkin mengatakan ukuran tidak masalah tetapi apakah hal itu pantas bagi kita? Itu benar! Mengapa menurut kalian rumah-rumah mode besar tidak melayani wanita berukuran plus?," tambahnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com