Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenapa Perlu Melakukan Pendinginan Setelah Olahraga?

Kompas.com - 19/04/2018, 17:17 WIB
Wisnubrata

Editor

Sumber

KOMPAS.com - Melakukan pendinginan setelah olahraga merupakan hal yang sangat dianjurkan oleh para ahli kesehatan. Pendinginan berguna mencegah risiko cedera pada otot-otot tubuh. Namun tidak hanya itu.

Menurut Amerian Council on Exercise, pendinginan atau meregangkan tubuh sehabis berolahraga juga bisa membantu mengatasi nyeri yang muncul sesudahnya.

Saat berolahraga, otot tubuh akan merasa hangat akibat gerakan dan kecepatan. Nah, fungsi dari pendinginan ini adalah meningkatkan rentang gerak otot agar tidak robek dan terluka dalam kondisi yang hangat.

Dengan rutin melakukan pendinginan setelah berolahraga, kita juga bisa mengurangi nyeri pada otot yang biasanya muncul 1 atau 2 hari setelah berolahraga. Berikut manfaat pendinginan:

1. Membantu mengurangi kelelahan otot

Saat berolahraga, asam laktat terbentuk di otot, tak jarang asam laktat ini sering menyebabkan nyeri otot dan kelelahan. Dengan melakukan pendinginan, otot akan melakukan persiapan penurunan suhu menuju aktivitas biasa dan nyerinya bisa pulih lebih cepat.

2. Melatih fleksibilitas otot

Manfaat lain yang bisa didapatkan dari pendinginan adalah untuk melatih dan meningkatkan fleksibilitas otot tubuh. Otot yang lentur dan fleksibel penting dilatih jika kita rutin berolahraga.

Hal ini juga berpengaruh seiring bertambahnya usia tubuh. Semakin tua usia, otot dan persendian tubuh juga semakin kaku dan tidak fleksibel. Sehingga rutinitas seperti pendinginan atau melakukan pijat sehabis berolahraga sangat dibutuhkan guna mengurangi kekakuan otot.

3. Mencegah stress badan dan pikiran

Bukan hanya tubuh dan otot-ototnya saja yang diuntungkan, pikiran juga bisa mendapatkan manfaat tertentu dari pendinginan. Apabila kita meregangkan tubuh sambil mengatur napas dengan baik setelah berolahraga, berarti kita sedang menyatukan tubuh, perasaan dan pikiran menjadi satu.

Lalu, setiap hela napas yang dikeluarkan saat melakukan pendinginan, tubuh ikut meregang sembari mengatasi rasa sakit dan nyeri yang ada di badan.

Kesatuan antara pikiran dan tubuh ini dinyatakan penting untuk relaksasi dan menghilangkan stress. Selain itu, saraf di dalam otak dan sekujur tubuh juga akan terasa lebih tenang jika kita rutin melakukan peregangan.

Imbangi dengan pemanasan

Setelah mengetahui pentingnya melakukan pendinginan setelah olahraga, nyatanya masih ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

Sebelum melakukan olahraga, kita juga wajib melakukan pemanasan, sama halnya juga dengan melakukan peregangan otot tubuh setelah selesai olahraga. Kedua hal ini harus dilakukan dengan seimbang, yaitu sebelum dan sesudah berolahraga.

Lalu, pendinginan bisa dilakukan dengan cara yang lembut. Hindari dengan melakukan gerakan meloncat atau bergerak lebih cepat.

Jangan lupa juga untuk menarik napas dalam-dalam guna mendapatkan sensasi di tubuh saat meregang. Disarankan untuk melakukan pendinginan 3-5 menit saja setelah berolahraga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com