Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bagaimana Cara Menurunkan Berat Badan bagi Pemilik Tubuh Pendek?

Kompas.com - 19/04/2018, 18:27 WIB
Ariska Puspita Anggraini,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Menyebalkan rasanya jika berat badan bertambah meski hanya dua kilogram, tetapi tinggi badan kita hanya 155 sentimeter.

Meski berbagai cara diet telah dicoba, menurunkan dua kilo berat badan terasa mustahil bagi mereka yang bertubuh pendek.

“Orang pendek memiliki metabolisme yang lebih lambat,” jelas Craig Primack, selaku presiden terpilih dari Obesity Medicine Association.

“Rata-rata orang memiliki tingkat metabolisme basal (BMR) sebesar 1.400 kalori per hari. Itu berarti, jika dia berbaring di tempat tidur selama 24 jam, dia akan membakar 1.400 kalori," tambahnya.

Menurutnya, orang yang memiliki tubuh sekitar 152 sentimeter hanya memiliki BMR sebesar 1.200 kalori, dan beberapa orang dengan tinggi 155 hanya memiliki BMR sebesar 1750 atau lebih setiap harinya.

Lantas, mengapa hal ini bisa terjadi?

Ada banyak pendapat yang beredar mengenai hal ini. Pertama, semakin kecil tubuh kalian, semakin kecil energi yang dibutuhkan. Ini berarti semakin sedikit kalori yang dibakar.

Sementara itu, Primack berpendapat jika pemilik tubuh pendek hanya memiliki sedikit massa lemak. Ini berarti, otot, organ, tulang, jaringan ikat yang ada di dalam tubuh mereka pada dasarnya tidak berlemak atau berisi air.

Massa lemak adalah faktor terbesar dalam jumlah kalori yang dibakar saat tubuh beristirahat, berjalan atau berolahraga.

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal medis PLOS ONE menjelaskan bahwa ukuran ginjal, otak, hati, dan otot menyumbang 43 persen perbedaan antara tingkat metabolisme basal manusia.

Ukuran organ sebanding dengan ukuran dan tinggi tubuh secara keseluruhan. Sementara itu, Menurut Marie Sopano, selaku pelatih nutrisi dan kebugaran, orang bertubuh pendek memiliki organ vital yang lebih kecil daripada yang lebih tinggi.

Pemilik tubuh pendek juga cenderung memiliki otot yang lebih sedikit karena hanya dibutuhkan lebih sedikit otot untuk menggerakan kaki yang pendek daripada kaki yang panjang.

Baca :Pahamilah, Kenapa Usaha Turunkan Berat Badan Kerap Gagal

Spano mencatat bahwa setiap setengah kilo otot membakar sekitar enam kalori per hari saat istirahat. Namun, faktor-faktor seperti olahraga belum termasuk dalam perhitungan ini.

Lalu, bagaimana cara yang tepat untuk menurunkan berat badan bagi pemilik tubuh pendek?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com