Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/04/2018, 12:33 WIB
Wisnubrata

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Walau namanya Spumante, yang berarti sparkling, papan nama tempat makan all day dining itu tidaklah mencolok, bahkan cenderung low profile. Namun begitu, ia serasi dengan penataan dan interior di dalamnya yang girly dan feminim.

Ya, Spumante memang tidak hanya menawarkan berbagai makanan, kudapan, dan kopi. Namun juga suasana bersantap dan bersantai yang asyik.

Terletak di Jalan Teuku Cik Ditiro, Menteng, Jakarta, tempat ini awalnya akan dijadikan tempat ngopi. Namun beberapa bulan sebelum dibuka, lokasi sebelahnya membuka kedai kopi Anomali.

Jadilah Frederika Gozali, sang pemilik Spumante mengubahnya menjadi all day dining, artinya tempat yang menyediakan segala makanan untuk sepanjang hari, mulai dari sarapan, ngemil, ngopi, makan siang, hingga makan malam.

Hal yang menarik dari tempat ini adalah suasananya. Lantai kayu dan meja kursi yang juga dari kayu membuatnya terasa homie. Dinding yang dicat warna-warna pastel dan pintu hijau mint membuat ruangan terasa adem.

Salah satu sudut SpumanteCynthia Iskandar Salah satu sudut Spumante
"Padahal dulunya saya mau membuatnya bergaya industrial, biar nggak ketahuan kalau yang punya cewek," ujar Frederika yang mengaku tidak terlalu suka tampil, saat ditemui di Spumante, Selasa (24/4/2018).

Tapi beberapa teman menyarankan agar dekorasi dan suasananya dibuat girly. "Kan yang suka makan bawa teman-temannya para perempuan, saran mereka," kata Frederika.

Akhirnya dibuatlah ruangan yang menyenangkan namun instagramable, alias menarik buat difoto-foto.

Walau begitu, rancangan ini tidak melupakan keinginan para pria yang ingin nongkrong. Maka Spumante juga menyediakan teras dengan meja kursi kayu, dan lampu-lampu kuno yang menghadirkan suasana santai.

Teras di SpumanteCynthia Iskandar Teras di Spumante
Dalam perjalanannya selama 3 tahun, tempat makan ini ternyata menjadi favorit ibu-ibu yang menunggu anaknya sekolah di sekitar Menteng. Mereka juga sering berkumpul dan arisan di situ.

"Mungkin sebabnya saya memang atur agar meja-meja tidak terlalu padat sehingga lega. Kalau ada yang bawa anak pun bisa berlarian," ujar Frederika.

Ditambah lagi, di bagian dalam ada taman terbuka yang bisa menjadi tempat bermain anak-anak.

Grilled Snapper sambal matah dengan nasi sereh di Spumantespumante Grilled Snapper sambal matah dengan nasi sereh di Spumante
Soal menunya, meski mengandalkan kopi, Spumante menyediakan berbagai jenis masakan yang membuat lidah menari. Saat ini, yang banyak dipesan adalah makanan Italia, seperti pasta dan pizza.

Andalan Spumante sendiri adalah beef stroganoff, spicy tuna pasta, dan chicken caesar salad. Sedangkan biji kopinya diambil dari Esperto Coffee.

Beef Wellington ala Spumantespumante Beef Wellington ala Spumante
Menu-menu ini sudah teruji di kalangan pelanggan. Menurut Frederika, ia selalu memperbaharui menu. Yang tidak terlalu diminati akan dibuang, sekaligus mencoba menu-menu baru yang menarik.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com