Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Jenis Olahraga yang Perlu Dilakukan Menjelang Hari Pernikahan

Kompas.com - 03/05/2018, 11:27 WIB
Wisnubrata

Editor

Sumber

KOMPAS.com - Hari pernikahan merupakan salah satu hari terpenting dalam hidup yang ditunggu-tunggu bagi banyak pasangan. Bahkan pria seperti Pangeran Harry ingin terlihat sempurna di hari itu.

Tapi daripada berusaha diet ketat yang bisa berbahaya, kenapa tidak mengatur pola makan digabung dengan berolahraga saja untuk mendapatkan tubuh idaman dengan cara yang lebih sehat?

Berikut ini adalah lima jenis olahraga terbaik yang bisa kamu masukkan ke dalam rencana persiapan menikah, di samping menyusun daftar tamu, booking gedung, pesan katering, mencari event organizer, dan tentu saja menemukan baju yang tepat.

Plus, kamu bisa jadikan sesi olahraga ini untuk semakin mendekatkan diri dengan pasangan menjelang hari-H.

1. Lari

Ilustrasi olahraga luar ruangannensuria Ilustrasi olahraga luar ruangan
Ada banyak manfaat kesehatan yang bisa kita dapatkan dari berlari. Lari dapat meningkatkan daya tahan tubuh, memperkuat kerja jantung dan paru, dan melancarkan pembuluh darah.

Tapi selain itu, lari dapat membakar lemak tubuh dengan cepat. Tubuh pun akan terus membakar kalori bahkan setelah selesai berlari. Lari memperkuat tulang juga sekaligus meningkatkan kepadatannya sehingga mengurangi risiko osteoporosis di kemudian hari.

Lari juga merangsang tubuh untuk meningkatkan produksi hormon endocannabinoid yang bisa membuat kita merasa bahagia.

Hormon ini diduga memiliki efek peningkatan mood yang lebih kuat dibandingkan endorfin karena endorfin hanya diproduksi bagian otak tertentu, sementara endocannabinoid dapat diproduksi di berbagai sel tubuh.

Lari tidak hanya meredakan stres yang munkin muncul selama persiapan sebelum menikah, tetapi juga mengurangi kemungkinan untuk terpengaruh stres di masa depan.

Psstt.. Khususnya bagi pria, lari melatih kekuatan pembuluh darah dan jantung sehingga mengurangi risiko mengalami impotensi alias disfungsi ereksi.

Baca juga : Rutin Olahraga Lari Bantu Kuatkan Ereksi

2. Berenang

Ilustrasi berenang gaya kupu-kupuPablo_K Ilustrasi berenang gaya kupu-kupu
Renang adalah kegiatan aerobik yang melibatkan gerak keseluruhan anggota tubuh. Jika dilakukan dengan teknik yang tepat dan rutin, berenang dapat melatih kekuatan jantung dan paru yang akan sangat meningkatkan daya tahan dan kebugaran tubuh secara keseluruhan.

Berenang juga membangun otot yang lebih panjang dan ramping, yang membantu meningkatkan metabolisme tubuh guna terus membakar kelebihan kalori dalam jangka panjang meski sudah selesai berenang.

Baca juga : Apakah Berenang Bisa Mengobati Sakit Punggung?

3. Pilates

Halaman:
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com