Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Waspadai Benda-Benda di Rumah yang Berpotensi Sebabkan Kanker

Kompas.com - 06/05/2018, 06:06 WIB
Wisnubrata

Editor

Sumber

KOMPAS.com - Peralatan rumah tangga yang kita anggap bersih ternyata menyimpan berbagai bahan kimia yang bisa memicu timbulnya gangguan kesehatan.

Sebuah penelitian dari Journal Environmental Science and Technology menunjukkan bahwa setidaknya ada satu jenis bahan kimia yang tersembunyi dalam setiap peralatan rumah tangga  dan benda-benda di rumah.

Hal ini yang kemudian bisa berpotensi mengganggu kesehatan, salah satunya menyebabkan kanker.

Sebetulnya sampai saat ini para ahli belum menemukan penyebab pasti dari kanker. Kanker muncul ketika sel-sel sehat yang ada dalam tubuh bermutasi (berubah) menjadi sel kanker yang lantas merusak organ tempat sel tersebut berada.

Bila tidak diobati, sel tersebut bisa menyebar dan menyerang organ tubuh lainnya.

Perubahan sel sehat menjadi sel kanker ini bisa dipicu oleh berbagai hal. Di antaranya adalah faktor genetik (keturunan), paparan radiasi atau zat kimia berbahaya, dan pola hidup yang tidak sehat.

Akan tetapi, dalam beberapa kasus, orang yang sehat dan tidak punya keturunan kanker pun bisa saja tiba-tiba didiagnosis kanker.

Lalu bagaimana dengan benda-benda di rumah yang terbuat dari berbagai macam bahan kimiawi? Apa mungkin benda-benda dan peralatan rumah tangga menyebabkan kanker?

Baca juga : Benda di Sekitar Kita yang Bisa Jadi Pemicu Kanker

Nah, sebenarnya barang-barang di rumah mungkin tidak secara langsung menyebabkan kanker, melainkan memicunya. Apalagi jika kita sudah memiliki faktor-faktor risiko kanker lain seperti keturunan atau pola hidup tidak sehat.

Beberapa barang dan alat di rumah mungkin ada yang mengandung bahan kimia yang tergolong karsinogen (penyebab kanker), tapi kandungannya sangat sedikit hingga risikonya tidak terlalu besar.

Lagipula, biasanya sudah ada aturan dan standar khusus dalam penggunaan bahan kimia karsinogen untuk produk-produk rumah tangga.

Meski begitu, tak ada salahnya untuk mencermati barang-barang dan peralatan apa saja di rumah yang mungkin berpotensi menyebabkan kanker.

1. Pakaian dan sepatu

Ilustrasi baju barum-imagephotography Ilustrasi baju baru
Jika sebagian besar pakaian yang kita gunakan dicuci dengan teknik dry cleaning (mencuci kering), waspada akan kandungan perchlorethylene di dalamnya.

Bahan kimia perchlorethylene, atau yang biasa disebut dengan tetrachloroethylene, merupakan zat yang dapat digunakan untuk mengeringkan kain atau bahan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com