Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Badan Sakit Setelah Olahraga? Jangan Menyerah Dulu

Kompas.com - 06/05/2018, 07:07 WIB
Wisnubrata

Editor

Sumber

KOMPAS.com - Bagi kamu yang baru berolahraga, mungkin akan mengalami pegal-pegal dan nyeri di beberapa bagian otot. Tenang, rasa sakit setelah olahraga umum terjadi pada siapa pun.

Lama kelamaan, biasanya rasa pegal itu akan hilang karena tubuh kita akan beradaptasi dengan kebiasaan olahraga yang dilakukan. Lalu, seberapa lama badan sakit setelah olahraga akan hilang?

Beberapa minggu pertama latihan

Pada masa ini, badan tentu akan merasa lelah, pegal, dan sakit setelah olahraga. Itu tanda bahwa tubuh sebenarnya beradaptasi dengan baik dengan olahraga yang kita lakukan.

Misalnya saja, orang yang tidak terbiasa melakukan olahraga lari akan mengalami nyeri di bagian otot paha, atau betis atau lutut. Rasa nyeri ini timbul akibat otot-otot kaki tidak pernah melakukan latihan sebelumnya.

Banyak orang yang ‘menyerah’ pada masa ini karena merasa badan sakit semua. Namun, jika ingin tubuh lebih sehat dan bugar, jangan biarkan rasa sakit tersebut menghalangi.

Baca juga : 15 Olahraga Kardio untuk Mereka yang Tidak Suka Lari

Minggu ke 4 hingga minggu ke-16

Rentang waktu ini memang cukup panjang, para ahli mengatakan bahwa pada fase ini tubuh sudah mulai beradaptasi dan bisa bergerak lebih baik saat latihan. Dampak badan sakit setelah olahraga sudah tidak terlalu terasa lagi.

Setelah minggu ke 16

Pada minggu inilah biasanya tubuh sudah sangat beradaptasi dengan beban latihan yang diberikan. Bahkan, di masa ini perlu ditambah lagi beban supaya otot dapat terus bekerja.

Pasalnya, memasuki minggu ini, otot-otot tubuh sudah mulai beradaptasi dengan sempurna sehingga intensitas latihan harus ditambah lagi.

Apa tandanya latihan harus ditambah lagi?

Ilustrasi pria di gymdorian2013 Ilustrasi pria di gym
Pada beberapa kondisi, kita sebaiknya mengubah beban latihan, baik karena sudah terlampau mudah bagi tubuh, atau justru terlalu berat yang bisa membahayakan.

Memasuki fase plateau

Fase ini adalah saat tubuh tidak lagi merespon kegiatan latihan. Salah satu tandanya adalah berat badan yang tak lagi turun meski kamu masih menerapkan pola makan yang sama.

Halaman:
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com