Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/05/2018, 18:56 WIB
Nabilla Tashandra,
Wisnubrata

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyaknya foto-foto instalasi karya seni di Museum Macan yang diunggah ke Instagram membuat Astari (26) penasaran dan ingin mengunjungi langsung Museum Macan.

Salah satu instalasi favoritnya adalah infinity room, atau karya 'Brilliance of the Souls' dari seniman asal Jepang Yayoi Kusama.

"(Penasaran) karena lihat di Instagram hits banget dan sekalian ingin tahu seni kontemporer. Keren aja lihatnya," ujar Astari.

Aktris sekaligus Penyanyi Bunga Citra Lestari juga berada di antara banyak pengunjung Museum Macan di hari pembukaan pameran Yayoi Kusama, Selasa (8/5/2018) malam.

Menurutnya, Museum Macan berhasil membentuk konsep museum yang unik dan berbeda sehingga menjadi daya tarik anak muda.

Baca juga : Museum Macan Dibuka November 2017

Selain instalasi karya seni Yayoi Kusama yang identik dengan motif polkadot, Bunga melihat Museum Macan memiliki ambience yang enak untuk dinikmati dan area galeri yang luas.

"Lebih modern dan lebih kekinian. Museum bukan cuma tempat buat melihat karya seni tapi juga bersosialisasi dengan banyak orang dan keren banget," kata Bunga.

Ia mengaku senang berkunjung ke museum saat berada di luar negeri. Namun, saat ini menurutnya tak perlu lagi berkunjung ke museum di luar negeri karena sudah ada Museum Macan.

"Museum Macan kayak sudah jadi perbincangan terutama di Jakarta. Mudah-mudahan yang di luar Jakarta bisa datang ke Jakarta untuk datang ke Museum Macan," kata wanita yang akrab disapa 'BCL' itu.

Salah satu karya seniman Yayoi Kusama yang dipamerkan di Museum Macan, Jakarta.KOMPAS.com/Nabilla Tashandra Salah satu karya seniman Yayoi Kusama yang dipamerkan di Museum Macan, Jakarta.
Masih banyak pula masyarakat yang penasaran dengan Museum Macan namun belum sempat berkunjung.

Inge (26), misalnya, karyawan swasta asal Yogyakarta yang penasaran karena banyak orang mengatakan Museum Macan mirip dengan Artjog.

"Katanya mirip-mirip sama Jogart konsepnya. Bedanya ini yang dipamerin (juga) koleksi pribadi," kata Inge.

Di samping itu, spot foto Instagramable di Museum Macan juga membuatnya lebih penasaran. Terlebih, ia mendengar tiket museum harus dipesan jauh hari agar tak kehabisan.

"Penasarannya makin jadi karena hype di medsosnya juga gila. Katanya sih Instagramable. 10 persen terpengaruh, lah," tuturnya.

Museum Macan yang memiliki tampilan kontemporer seolah mengubah citra museum yang terkesan kuno dan menjadi tempat belajar.

Lebih dari itu, masyarakat modern yang senang berfoto juga penasaran mengunjungi museum ini karena dianggap memiliki spot-spot foto yang menarik.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com