Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/05/2018, 13:14 WIB
Nabilla Tashandra,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

Sumber BBC

KOMPAS.com - Saat menjalankan ibadah puasa, sebenarnya hanya pola makan kita yang berubah. Seharusnya aktivitas lain tetap berjalan seperti biasa, termasuk olahraga.

Dokter dan presenter Dr Ranj Singh, menekankan pentingnya menjaga tubuh tetap sehat sepanjang Bulan Ramadhan, namun olahraga yang dilakukan juga tidak perlu seberat biasanya.

Sebab, puasa lebih dari 12 jam akan berdampak pada kemampuan tubuh berolahraga.

"Tetaplah jaga agar tubuh sehat dan bugar, tapi jangan berlebihan karena justru akan membuat tubuhmu kurang baik," kata Dr Ranj seperti dikutip BBC.

Jadi, olahraga seperti apa yang tepat dilakukan saat berpuasa?

Dr Ranj merekomendasikan jalan cepat, jogging ringan dan olahraga aerobik ringan. Selain itu, perhatikan waktu olahraga.

Baca juga: Ingin Turunkan Berat Badan dengan Jalan Kaki? Ketahui Tipsnya

Menurutnya, banyak orang merasa lebih mudah pergi kerja jika bangun di pagi hari dan pergi sebelum fajar. Saat itu, mereka merasa bisa membangun cadangan energi tubuh untuk digunakan hingga malam hari.

Meski begitu, Dr Ranj menyadari, olahraga terlalu pagi justru kurang ideal bagi tubuh.

Saat berpuasa, kita bisa memilih gym sehingga bisa lebih leluasa berolahraga karena banyak gym buka 24 jam. Olahraga bisa dilakukan pada waktu jelang berbuka puasa.

Olahraga sederhana selama lima menit juga bisa kira lakukan di rumah.

Hal sederhana lainnya yang bisa dilakukan, seperti memilih jalan kaki ketimbang berkendara, beribadah di masjid, hingga memilih tangga ketimbang lift.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber BBC
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com