Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/05/2018, 09:00 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

KOMPAS.com — Menyusun menu mingguan dan berbelanja sekaligus menjadi salah satu cara menyiapkan masakan bervariasi untuk keluarga sehingga menghemat pengeluaran.

Di bulan puasa ini, menyimpan bahan-bahan makanan mentah di kulkas tersebut juga dapat menghemat waktu memasak saat sahur dan berbuka.

Menurut survei tahun 2016, pada saat Ramadhan, konsumen cenderung membeli lebih banyak bahan makanan serta lebih sering berbelanja.

Sebanyak 69 persen konsumen Indonesia memiliki peningkatan kuantitas jumlah belanja terutama untuk bahan mentah, buah-buahan, sayuran, dan sirup.

Karena kita membeli beberapa jenis sayuran dan bahan lauk sekaligus, tentu kita membutuhkan penyimpanan di kulkas agar bahan-bahan tersebut terjaga kesegarannya.

Senior Product Marketing Manager Digital Appliances, Samsung Electronics Indonesia, Michael Adisuhanto, memberikan tips mengelola penyimpanan makanan di kulkas:

1. Pastikan bahan makanan basah seperti daging dan ikan, ataupun buah-buahan dan sayuran dibeli dalam kondisi terbaik.

Buah-buahan yang sudah dikupas dapat disimpan dalam kontainer atau plastik bersegel kedap udara agar terjaga kesegarannya dan dapat dikonsumsi saat sahur ataupun berbuka puasa.

2. Saat bulan puasa kita kerap kali mengkonsumsi makanan instan sebagai pilihan praktis. Pindahkan sisa makanan kaleng seperti kornet sapi atau sarden ke wadah tertutup karena udara yang masuk pada kaleng yang terbuka bisa merusak makanan.

3. Pastikan bahan makanan yang akan segera disajikan disimpan menggunakan wadah tertutup dan dapat diletakkan pada kompartemen chiller agar dapat segera diolah atau dikonsumsi.

4. Simpan bahan makanan sesuai dengan jenis dan masa penggunaannya. Fitur Smart Conversion pada lemari es dua pintu Samsung memberikan fleksibilitas lebih dalam mengelola penyimpanan makanan sesuai kebutuhan.

Mode kapasitas besar memudahkan kita menyimpan makanan dingin tetap segar tanpa khawatir kehabisan ruang chiller untuk menyimpan es buah ataupun kolak kesukaan keluarga.

5. Jaga agar bau tidak tercampur, pisahkan dengan seksama makanan yang dapat menimbulkan bau. Kita dapat memilih kulkas dengan pendinginan terpisah yang menjadikan bau makanan tidak tercampur dan kompartemen lebih higienis, sehingga rasa makanan tetap terjaga.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com