Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/05/2018, 09:51 WIB
Glori K. Wadrianto

Editor

LONDON, KOMPAS.com -Pertanyaan seputar siapa yang akan mendampingi Meghan Markle menuju altar pemberkatan nikah, Sabtu (19/5/2018), memang sudah terjawab.

Baca juga: Pangeran Charles Bakal Dampingi Meghan Markle Menuju Altar Gereja

Sebelumnya, pertanyaan itu menyeruak karena ayah Meghan Markle, Thomas Markle, dipastikan tidak bisa mendampingi anaknya di acara pernikahan itu.

Lalu beredar spekulasi bahwa ibunda Meghan, Doria Ragland, yang akan menggantikan "tugas" Thomas.

Doria yang tiba di Inggris pada Rabu (16/5/2018) waktu setempat, menjelang pernikahan Meghan dikenal memiliki hubungan yang dekat dengan Pangeran Harry.

Baca juga: Akankah Sang Ibu Dampingi Meghan Menuju Altar Pernikahan?

Selain itu, Ratu Victoria pun pernah melakukan hal serupa. Dia pernah mendampingi kedua putrinya, Putri Helena dan Putri Beatrice, berjalan di selasar gereja menuju altar, saat pernikahan keduanya.

Peristiwa ini terjadi beberapa tahun setelah kematian suami, dan ayah anak-anaknya, Pangeran Albert.

Putri Helena menikah dengan Pangeran Christian dari Schleswig-Holstein pada tahun 1866, tepat lima tahun setelah kematian ayahnya pada tahun 1861.

Kemudian putri bungsunya, Putri Beatrice, yang menikahi Pangeran Henry dari Battenberg pada tahun 1885, lebih dari dua dekade setelah kematian Albert.

Pangeran Charles

Spekulasi di atas telah terbantahkan. Meghan Markle akan didampingi oleh ayah pengantin pria, Pangeran Charles.

Namun, hal yang tidak biasa untuk pengantin kerajaan Inggris, Markle akan berjalan tanpa pendampingan sepanjang selasar kapel, setelah bertemu dengan pemuka agama di pintu sebelah barat.

Dalam bagian pertama dari prosesi pernikahan ini, Markle hanya akan ditemani oleh para pengiring pengantin. Di baris terdepan ada pemuka gereja yang memimpin iring-iringan. 

Baca juga: Ketatnya Pengamanan Pernikahan Pangeran Harry-Meghan Markle

Seperti diberitakan CNN, saat Markle mencapai Quire, tempat tamu utama kerajaan duduk, dia akan bergabung dengan Pangeran Charles.

Saat itulah Pangeran Charles yang akan mendampingi dan mengantar Meghan Markle ke selasar Quire hingga ke kaki altar.

Istana Kensington menegaskan peran Pangeran Charles dalam upacara ini, untuk meluruskan spekulasi tentang peran ibunda Markle dalam prosesi itu. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com