Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/05/2018, 19:08 WIB
Nabilla Tashandra,
Wisnubrata

Tim Redaksi

Sumber People

KOMPAS.com - Busana pernikahan yang dikenakan Meghan Markle mendapatkan pujian dari Elizabeth Emmanuel, perancang busana yang merancang busana pernikahan Putri Diana pada 1981 silam.

Meghan mengenakan gaun putih rancangan Clare Waight Keller dari Givenchy dengan kerah baju terbuka berbentuk perahu, pinggang ramping dan lengan tiga perempat.

Gaun tersebut juga dipercantik dengan ekor gaun sepanjang lima meter yang menjuntai membalut gaun organza sutra yang dikenakannya.

Rancangan busana yang sederhana tersebut menurut Emmanuel justru memberikan tampilan yang amat tegas.

"Menurutku dia terlihat cantik. Polos, murni dan elegan," kata Emmanuel kepada People.

Ia menambahkan, gaun pernikahan keluarga kerajaan pada waktu sebelumnya cenderung sangat klasik dan tradisional.

Meski tanpa renda dan hiasan lainnya, gaun yang dikenakan Meghan menurutnya memberikan sebuah tampilan yang baru namun tetap klasik dan megah.

Beberapa waktu lalu saat nama sejumlah perancang busana diisukan menjadi perancang busana Meghan, Emmanuel mengatakan dirinya tak pernah mendengar nama Clare Waight Keller.

Beberapa nama yang sering ia dengar adalah Erdem or Christopher Bailey.

Baca juga: Gaya Anggun Meghan Markle di Malam Resepsi Pernikahannya

Emmanuel mengaku senang dengan munculnya nama perancang busana yang tak tertebak oleh orang banyak. Terlebih busana rancangan Keller tampak sangat cantik saat dikenakan oleh Meghan.

Lebih jauh, Emmanuel memprediksi gaun dengan garis potongan nan tegas tersebut akan dicontoh banyak orang. Termasuk ekor gaun tulle dan penutup kepala yang dikenakan Meghan.

"Mungkin banyak orang akan memikirkan untuk memakai ekor gaun tulle sepanjang itu, dengan penutup kepala yang juga sangat cantik. Hampir serupa jersey tulle yang tampak jatuh dan itu sangat menawan," ujarnya.

Perbandingan busana pernikahan antara Pangeran  William, Duke of Cambridge dan istrinya Catherine, Duchess of Cambridge, saat keluar dari Westminster Abbey di London, setelah upacara pernikahan 29 April 2011 dan Pangeran Harry, Duke of Sussex, dan istrinya Meghan Markle, Duchess of Sussex, setelah upacara pernikahan di Windsor Castle 19 Mei 2018.  / AFP PHOTO / CARL DE SOUZA AND Ben STANSALLBEN STANSALL Perbandingan busana pernikahan antara Pangeran William, Duke of Cambridge dan istrinya Catherine, Duchess of Cambridge, saat keluar dari Westminster Abbey di London, setelah upacara pernikahan 29 April 2011 dan Pangeran Harry, Duke of Sussex, dan istrinya Meghan Markle, Duchess of Sussex, setelah upacara pernikahan di Windsor Castle 19 Mei 2018. / AFP PHOTO / CARL DE SOUZA AND Ben STANSALL

Saat diminta membandingkan gaun tersebut dengan gaun rancangannya untuk Diana dan gaun yang dikenakan Kate Middleton, Emmanuel mengatakan gaun yang dikenakan Kate dan Meghan memiliki kesan sangat klasik. Sementara gaun yang dikenakan Diana sesuai dengan zamannya.

"Gaun yang dikenakan Diana sangat 80an dan akan sedikit tidak biasa jika digunakan pada zaman sekarang. Sedangkan gaun yang dikenakan Kate dan Meghan akan terlihat sempurna kapan pun," kata dia.

Pada era 80an, tambah dia, gaun pengantin terpengaruh banyak hal sehingga memasukkan detail efek-efek tertentu. Meski begitu, semua gaun tersebut menurutnya memiliki kesan klasik.

"Semua gaun memiliki kesan yang amat klasik. Hanya saja eranya yang berbeda," kata Emmanuel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber People
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com