Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/05/2018, 09:28 WIB
Wisnubrata

Editor

Sumber

KOMPAS.com - Puasa sebenarnya bisa menjadi waktu yang tepat untuk menurunkan berat badan. Namun meski waktu makannya hanya dua kali, banyak orang yang justru mengeluhkan berat badan naik saat puasa.

Bergesernya angka di timbangan sedikit banyak disebabkan oleh kebiasaan makan kalap yang serba manis dan gorengan saat buka puasa. Lalu, bagaimana cara mencegah agar berat badan tidak naik saat puasa?

Berat badan naik karena jumlah kalori yang masuk dari makanan lebih besar daripada yang kita bakar saat beraktivitas.

Maka untuk mencegah berat badan naik, seimbangkan pola makan dan aktivitas fisik selama bulan Ramadan ini.

Buka puasa memang disarankan untuk makan yang serba manis guna mengembalikan energi. Meski begitu, hal ini dapat menyebabkan kenaikan berat badan apabila terus dilakukan setiap hari.

Makanan dan minuman manis tidak memberikan rasa kenyang sehingga orang cenderung terus mengonsumsinya, tanpa sadar asupan kalori sudah sangat berlebihan.

Belum lagi kalori dari gorengan atau kue-kue, dan dilanjutkan dengan makan nasi dengan porsi besar. Bayangkan berapa banyak kalori yang masuk ke tubuh saat berbuka puasa?

Baca juga: Haruskah Buka Puasa Dengan Makanan Manis?

Ilustrasi makanan sehatkarandaev Ilustrasi makanan sehat
Untuk mencegah berat badan, sebaiknya kita tetap mengontrol asupan makan saat berbuka puasa dan sahur. Jangan makan berlebihan, makanlah sesuai kebutuhan.

Beberapa hal yang bisa dilakukan saat buka dan sahur untuk mencegah berat badan naik saat puasa adalah:

  • Berbuka dengan yang manis memang dianjurkan agar bisa dengan cepat mengganti energi yang hilang saat puasa, namun jangan sampai jumlahnya berlebihan.
  • Kurangi konsumsi gorengan atau makanan yang digoreng. Makan gorengan saat buka puasa memang nikmat, namun kalori yang disumbangkan ke tubuh dari gorengan sangat banyak.
  • Konsumsi makanan sumber karbohidrat, seperti nasi dan mie, saat buka dan sahur. Lebih baik lagi jika mengonsumsi sumber karbohidrat kompleks yang mengandung lebih banyak serat sehingga membantu mempertahankan energi dan kenyang lebih lama.
  • Konsumsi makanan sumber protein, seperti ayam, ikan, daging, dan telur. Akan lebih baik jika dimasak dengan cara dikukus, direbus, atau dipanggang, sehingga tidak menambah kalori pada makanan. Protein juga membuat kita kenyang lebih lama.
  • Konsumsi makanan sumber vitamin dan mineral. Ini bisa didapatkan dari sayur dan buah. Kita disarankan mengonsumsi sayur dan buah setidaknya 5 porsi saat buka puasa dan sahur agar tercukupi kebutuhan vitamin, mineral, dan serat dalam sehari.
  • Cukupi kebutuhan cairan, setidaknya 8 gelas per hari, untuk mencegah dehidrasi saat puasa. Minuman yang paling baik dikonsumsi adalah air putih.
  • Batasi konsumsi minuman manis, seperti teh manis, minuman manis dalam kemasan, dan sirup. Tanpa disadari, minuman ini bisa menyumbang kalori berlebih ke dalam tubuh.
  • Batasi juga minuman berkafein, seperti teh, kopi, dan minuman bersoda. Minuman ini dapat membuat tubuh kehilangan cairan lebih banyak, sehingga meningkatkan risiko dehidrasi.
  • Setelah makan saat buka dan sahur, sebaiknya jangan langsung tidur. Beri waktu pada tubuh untuk mencerna semua makanan. Langsung tidur setelah makan justru dapat membuat berat badan naik dan tidur kurang nyenyak.

Baca juga: Sering Buka Puasa Dengan Gorengan? Ini Bahayanya

Aktivitas fisik

Ilustrasi peregangan dan olahragaIvanko_Brnjakovic Ilustrasi peregangan dan olahraga
Puasa tidak menjadi alasan untuk bermalas-malasan. Selain harus mengontrol asupan makan, rutin olahraga saat puasa juga dapat membantu mempertahankan berat badan.

Namun, pilihlah waktu yang tepat untuk melakukan olahraga saat puasa. Kita bisa olahraga ringan setelah sahur, sebelum berbuka, atau setelah Tarawih.

Saat berpuasa, lakukan olahraga yang intensitasnya ringan hingga sedang, seperti berenang, jalan santai, yoga, Tai chi, atau bersepeda. Hindari berolahraga terlalu berat untuk mencegah kelelahan dan dehidrasi saat puasa.

Baca juga: Sebaiknya Olahraga Menjelang Berbuka Atau Setelah Berbuka Puasa?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com