Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/05/2018, 15:15 WIB
Wisnubrata

Editor

Sumber

KOMPAS.com — Kopi adalah salah satu minuman yang banyak digemari orang Indonesia. Bahkan, sebagian besar orang yang suka kopi pasti sudah punya jadwal ngopi sendiri.

Sayangnya, ketika bulan puasa tiba, rutinitas minum kopi tidak bisa dilakukan seperti biasanya. Jangan khawatir, puasa tidak membuat kita benar-benar berhenti minum kopi. Kita hanya perlu menyesuaikan waktu meminumnya.

Bagi orang dewasa sehat, tidak ada larangan untuk minum kopi selama bulan puasa. Akan tetapi, jangan sembarangan minum kopi pada saat sahur atau berbuka puasa. Kita perlu mematuhi beberapa aturan aman minum kopi saat puasa.

Kopi mengandung kafein, yaitu zat bersifat stimulan yang memengaruhi kinerja sistem saraf pusat. Zat tersebut bisa menangkal rasa kantuk dan juga meningkatkan kewaspadaan. Selain itu, kopi juga bersifat antioksidan yang membantu tubuh melawan radikal bebas.

Orang yang biasa minum kopi akan mengalami efek samping jika tiba-tiba tidak minum kopi sama sekali. Efek samping yang sama juga akan muncul jika kita minum kopi terlalu banyak.

Baca juga: Minum Banyak Kopi Bisa Bikin Tubuh Dehidrasi?

Berhenti minum kopi secara tiba-tiba dan minum kopi terlalu banyak bisa menyebabkan sakit kepala dan badan lemas.

Selain karena kandungan kafeinnya, mereka yang menambahkan gula ke dalam kopi juga akan membuat gula darah melonjak saat puasa. Selain itu, pada sebagian orang kafein bisa memicu naiknya asam lambung (maag).

Tentu kita tidak ingin hal tersebut terjadi selama berpuasa, bukan? Itulah sebabnya perhatikan kebiasaan minum kopi ini selama puasa.

Ilustrasi kopiseb_ra Ilustrasi kopi
Agar tetap bisa menikmati nikmatnya kopi tanpa puasa terganggu, ikuti panduannya berikut ini.

1. Kurangi asupan kafein pada kopi selama bulan puasa

Sebenarnya, mengurangi minum kopi baiknya dilakukan sebelum hari pertama puasa. Namun, bila tidak sempat melakukannya, mengurangi asupan kafein dari kopi bisa dilakukan ketika sudah mulai berpuasa. Hanya saja hal tersebut jadi lebih sulit dan menantang.

Namun, mengurangi atau menghentikan asupan kafein harus dilakukan perlahan, bukan tiba-tiba. Ini berguna untuk meminimalkan munculnya efek samping.

Dilansir dari Cleveland Clinic Abu Dhabi, dosis aman kafein dalam sehari adalah 400 miligram untuk orang dewasa. Ini setara dengan 2-3 cangkir kopi hitam.

Namun, dosis ini dianjurkan bagi orang yang jadwal makannya teratur, bukan yang sedang berpuasa. Kalau kamu berpuasa, sebaiknya kurangi lagi asupan kafeinnya hingga 200-300 miligram.

Bila terbiasa minum tiga cangkir kopi sehari, sekarang kamu harus mengakali supaya bisa bertahan hanya dengan secangkir kopi. Caranya, pakai gelas kopi yang ukurannya lebih kecil sehingga jumlah kopi yang diminum berkurang.

Baca juga: Gemetar Setelah Minum Kopi? Mungkin Anda Overdosis Kafein

Halaman Berikutnya
Halaman:
Baca tentang
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com