Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tidak Makan tapi Banyak Minum Air Saat Sahur Tak Disarankan

Kompas.com - 22/05/2018, 16:00 WIB
Nabilla Tashandra,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Memilih menu makanan yang bernutrisi saat sahur dan buka sangat penting untuk memastikan tubuh tetap berenergi selama menjalani ibadah puasa.

Meski begitu, beberapa orang tak sempat atau malas melakukan sahur. Untuk memenuhi kebutuhan air sehari penuh, mereka meminum banyak air dengan harapan tubuh mereka cukup terhidrasi dengan baik saat berpuasa.

Food Safety Awareness Officer di Dubai Municipality, Shugufta M. Zubair, menjelaskan meminum banyak air ketika sahur bukan cara yang tepat untuk mencegah dehidrasi.

"Minum banyak air bukan berarti tubuh kita jadi lebih terhidrasi. Hal ini hanya akan membawa manfaat sementara," ujar Zubair.

Air, lanjut dia, memang tak berbahaya dan bagus untuk tubuh. Namun, makan sahur tetap tak boleh dilewatkan.

Ia menganjurkan agar makanan sahur fokus pada porsi yang seimbang dari karbohidrat, protein dan sayuran. Kemudian dilengkapi dengan susu.

Zubair menyarankan jumlah porsi sebanyak sepertiga pada setiap jenis makanan.

"Karbohidrat memberi kita energi dan memainkan peran penting dalam diet kita. Sementara protein bermnfat untuk jaringan dan organ tubuh, sedangkan susu kaya akan kalsium. Potasium, vitamin D, dan protein," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com